PENGARUH AKUNTABILITAS DANA DESA, TRANSPARANSI, DAN RESPONSIVITAS PEMERINTAH DESA TERHADAP PEMBANGUNAN DESA (STUDI PADA DESA GADOR KECAMATAN DURENAN KABUPATEN TRENGGALEK)

Fianida Afandi, 126403203184 (2024) PENGARUH AKUNTABILITAS DANA DESA, TRANSPARANSI, DAN RESPONSIVITAS PEMERINTAH DESA TERHADAP PEMBANGUNAN DESA (STUDI PADA DESA GADOR KECAMATAN DURENAN KABUPATEN TRENGGALEK). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (864kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (347kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Akuntabilitas Dana Desa, Transparansi, dan Responsivitas Pemerintah Desa Terhadap Pembangunan Desa (Studi pada Desa Gador Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek)” diteliti oleh Fianida Afandi, NIM. 126403203184, dibimbing oleh Fia Rahma, S.E., M.S.A. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya program pembangunan yang selalu menjadi prioritas pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di daerah perdesaan. Program ini muncul karena masih terdapat ketidaksetaraan pembangunan antara wilayah perkotaan dan perdesaan, yang menyebabkan daerah perdesaan belum sepenuhnya mengalami kemajuan seperti yang diharapkan. Ketimpangan ini berdampak pada berbagai aspek kehidupan masyarakat perdesaan, mulai dari akses terhadap layanan publik hingga peluang ekonomi yang lebih terbatas dibandingkan dengan masyarakat perkotaan. Oleh karena itu, dalam upaya untuk mengatasi ketimpangan ini dan mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, diperlukan adanya peningkatan akuntabilitas, transparansi, dan responsivitas dalam pemerintahan desa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menguji pengaruh akuntabilitas dana desa terhadap pembangunan desa. 2) Menguji pengaruh transparansi terhadap pembangunan desa. 3) Menguji pengaruh responsivitas pemerintah desa terhadap pembangunan desa. 4) Menguji pengaruh akuntabilitas dana desa, transparansi, dan responsivitas pemerintah desa secara simultan terhadap pembangunan desa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Penentuan sampel dengan teknik non probability sampling dengan kriteria perangkat desa dan masyarakat yang telah memiliki hak pilih atau telah berusia 17 tahun keatas. Data yang digunakan berupa data primer dengan menyebar kuesioner dengan menggunakan skala likert kepada 100 responden yang telah memenuhi kriteria. Perolehan data dianalisis dengan memakai SPSS versi 26.0 dan menguji output dari uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, uji regresi linier berganda, uji F simultan, uji t parsial, uji koefisien determinan (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Akuntabilitas dana desa, transparansi, dan responsivitas pemerintah desa secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembangunan desa. 2) Akuntabilitas dana desa secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembangunan desa. 3) Transparansi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembangunan desa. 4) Responsivitas pemerintah desa secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembangunan desa. Kata kunci: Pembangunan Desa, Akuntabilitas Dana Desa, Transparansi, Responsivitas Pemerintah Desa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 126403203184 FIANIDA AFANDI
Date Deposited: 09 Aug 2024 03:22
Last Modified: 09 Aug 2024 03:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50470

Actions (login required)

View Item View Item