MAULIDA NUR AZIZAH, 126208202058 (2024) PENGEMBANGAN E-KATALOG KEANEKARAGAMAN LICHEN DI KAMPUS UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (825kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (313kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (988kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan E-katalog Keanekaragaman Lichen di Kampus UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung sebagai Sumber Belajar Biologi” ini ditulis oleh Maulida Nur Azizah. NIM : 126208202058, Pembimbing Arbaul Fauziah, M.Si. Kata Kunci : E-Katalog, Keanekaragaman, Lichen, Sumber Belajar Penelitian di latarbelakangi dengan kurangnya data ilmiah yang menunjukkan keanekaragaman Lichen di Kampus UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan pemahaman mahasiswa terhadap materi mata kuliah Botani Cryptogamae terutama pada materi Thallophyta Anak Divisi Lichenes. Berdasarkan hasil angket analisis kebutuhan yang dilakukan telah diperoleh hasil 72,1% menyatakan bahwa kurangnya media pembelajaran. Hal ini mengakibatkan mahasiswa belum mampu memahami materi mata kuliah Botani Cryptogamae terutama pada materi Thallophyta Anak Divisi Lichenes. Dari permasalahan ini dapat disimpulkan bahwa kurangnya data ilmiah mengenai keanekaragaman Lichen di Kampus UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan terbatasnya sumber belajar bagi mahasiswa untuk memahami materi Anak Divisi Lichenes. Oleh karena itu, perlu adanya sumber belajar tambahan berupa e-katalog keanekaragaman Lichen. Tujuan penelitian ini, yaitu 1) mendeskripsikan keanekaragaman Lichen yang ada di kampus UIN Sayyid Ali Rahmatullah, 2) mendeskripsikan kevalidan berupa sumber belajar e-katalog keanekaragaman Lichen di kampus UIN Sayyid Ali Rahmatullah, 3) mendeskripsikan kepraktisan berupa sumber belajar e-katalog keanekaragaman Lichen di kampus UIN Sayyid Ali Rahmatullah, serta 4) mendeskripsikan keefektifan berupa sumber belajar e-katalog keanekaragaman Lichen di kampus UIN Sayyid Ali Rahmatullah. Metode penelitian ini menggunakan R&D (Penelitian dan Pengembangan) yang memiliki dua tahap. Tahap I yaitu penelitian dengan menggunakan jenis kualititatif deskriptif dengan metode observasi yaitu secara langsung serta melakukan dokumentasi agar dapat mengetahui keanekaragaman Lichen. Tahap II yaitu mengembangan produk e-katalog, yang dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implementasi, Evaluasi) dan teknik pengumpulan data yang menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) terdapat 9 spesies Lichen di kampus UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan jumlah nilai (H’) 1,936 yang masuk dalam kategori sedang, 2) sumber belajar e-katalog keanekaragaman Lichen dikatakan sangat valid dengan penilaian ahli materi yaitu 98% (sangat valid), ahli media 83 % (valid), 3) hasil kepraktisan mendapatkan presentase 86,30% (sangat praktis), dan 4) hasil uji paired sample T-test berpasangan diperoleh nilai sig.2 (tailed) 0,000 < 0,005 maka dengan adanya penggunaan sumber belajar e-katalog keanekaragaman Lichen efektif dalam mempengaruhi peningkatan capaian pembelajaran mahasiswa sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar biologi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Sumber Belajar Biologi > Tumbuhan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208202058 MAULIDA NUR AZIZAH |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 07:22 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 07:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50553 |
Actions (login required)
View Item |