OPTIMALISASI FUNDRAISING ZAKAT, INFAQ DAN SEDEKAH (ZIS) MELALUI PROGRAM KOIN NU GUNA MENINGKATKAN PEROLEHAN ZAKAT, INFAQ DAN SEDEKAH (ZIS)(Studi Kasus di NU Care-LAZISNU Ranting Kedungsigit Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek)

UMMI LATHIFATUN AFIFAH, 126404203073 (2024) OPTIMALISASI FUNDRAISING ZAKAT, INFAQ DAN SEDEKAH (ZIS) MELALUI PROGRAM KOIN NU GUNA MENINGKATKAN PEROLEHAN ZAKAT, INFAQ DAN SEDEKAH (ZIS)(Studi Kasus di NU Care-LAZISNU Ranting Kedungsigit Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (571kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (518kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (778kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Optimalisasi Fundraising Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) Melalui Program Koin NU Guna Meningkatkan Perolehan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) (Studi Kasus di NU-Care LAZISNU Ranting Kedungsigit Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek)” ini ditulis oleh Ummi Lathifatun Afifah, NIM 126404203073, pembimbing Dr. Ahmad Supriyadi, M.Pd.I. Penelitian dilatarbelakangi oleh pengoptimalan fundraising dana ZIS yang dilakukan oleh NU-Care LAZISNU Ranting Kedungsigit sudah sesuai dengan pengoptimalan fundraising yang ditetapkan, begitu juga sangat efektif dilakukan dan perlu nya inovasi baru untuk lebih bisa dikembangkan lagi. Fokus masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana strategi fundraising yang dilakukan oleh NU-Care LAZISNU Ranting Kedungsigit dalam upaya meningkatkan perolehan dana Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) melalui program Koin NU? 2) Bagaimana metode fundraising yang dilakukan oleh NU-Care LAZISNU Ranting Kedungsigit dalam upaya meningkatkan perolehan dana Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) melalui program Koin NU? 3) Bagaimana kendala dan solusi fundraising yang dilakukan oleh NU-Care LAZISNU Ranting Kedungsigit dalam upaya meningkatkan perolehan dana Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) melalui program Koin NU? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dimana peneliti akan mendeskripsikan tentang optimalisasi fundraising yang diterapkan oleh NU-Care LAZISNU Ranting Kedungsigit dalam upaya meningkatkan perolehan ZIS, data dari penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi serta wawancara. Teknik data menggunakan kondensasi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Strategi fundraising yang dilakukan oleh NU-Care LAZISNU Ranting Kedungsigit berupa memberikan pemahaman kepada masyarakat, pengelolaan dan perawatan dan pembukuan yang transparan. 2) Metode fundraising yang dilakukan NU-Care LAZISNU Ranting Kedungsigit yaitu melalui metode fundraising tidak langsung, diantaranya koordinasi, penyebaran wadah Koin NU, penyetoran Koin NU dan administrasi. 3) Kendala dan solusi pada optimalisasi fundraising yang dilakukan oleh NU-Care LAZISNU Ranting Kedungsigit yakni pada pelaksanaan yasinan atau tidaknya. Solusi dalan mengatasi kendala tersebut dengan membentuk JPZIS (Jaringan Pengelola Zakat, Infaq dan Sedekah) yang juga melibatkan para pemuda-pemudi di Ranting/desa Kedungsigit. Kata kunci : Optimalisasi, Fundraising, Zakat Infaq Sedekah (ZIS)

Item Type: Skripsi
Subjects: Nahdlatul Ulama
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat Dan Waqaf
Depositing User: 126404203073 Ummi Lathifatun Afifah
Date Deposited: 12 Aug 2024 12:35
Last Modified: 12 Aug 2024 12:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50715

Actions (login required)

View Item View Item