ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KAUMAN

TRI WAHYUNI, 126212202078 (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KAUMAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Literasi Sains Berbasis Etnosains Pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI di SMA Negeri 1 Kauman” ini ditulis oleh Tri Wahyuni, NIM. 126212202078, pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata kunci: literasi sains, etnosains, larutan penyangga. Tingkat kemampuan literasi sains menurut PISA pada tahun 2022 masih rendah meskipun terjadi kenaikan di Indonesia. Peserta didik yang masih terpaku pembelajaran dengan hafalan menyebabkan kemampuan literasi di Indonesia masih tergolong rendah. Literasi sains merupakan suatu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam memecahkan masalah dengan konteks ilmiah di kehidupan sehari-hari. Salah satu pendekatan yang berhubungan erat dengan kehiupan sehari-hari adalah etnosains dengan materi kimia yaitu larutan penyangga. Literasi sains berbasis etnosains ini mengacu pada kebudayaan atau kekhasan yang ada di daerah sekitar. Dengan adanya penelitian ini dapat diketahui sejauh mana siswa memahami materi larutan penyangga dan sebagai bahan evaluasi bagi guru agar bisa lebih meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi larutan penyangga. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan literasi sains berbasis etnosains pada materi larutan penyangga kelas XI di SMA Negeri 1 Kauman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kauman, terdiri dari kelas XI-D dan XI-E yang berjumlah 72 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa soal tes essay yang berjumlah 9 soal dengan mencangkup semua indikator literasi sains. Teknik analisis data penelitian ini diambil berdasarkan angka-angka dari hasil tes yang telah dilakukan. Data trsebut dikelompokkan terlebih dahulu, kemudian dideskripsikan atau digambarkan sesuai dengan hasil yang telah didapatkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil kemampuan literasi sains berbasis etnosains di SMA Negeri 1 Kauman tergolong dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 71,5%. Nilai persentase dari tiap indikator kemampuan literasi sains yaitu, 1) indikator menjelaskan fenomena secara ilmiah sebesar 70%, 2) indikator memahami fenomena sains sebesar 71,5%, 3) mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah sebesar 74%, 4) menginterpretasikan data dan bukti ilmiah sebesar 70,5%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212202078 TRI WAHYUNI
Date Deposited: 14 Aug 2024 02:46
Last Modified: 14 Aug 2024 02:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50858

Actions (login required)

View Item View Item