PENGARUH MULTIMEDIA IT BERBASIS VISUALISASI 3D TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KIMIA DAN PEMAHAMAN SUBMIKROSKOPIK SISWA PADA MATERI ASAM BASA DI MAN KOTA BLITAR

ELSA RISALATUL FAWAIDAH, 126212202050 (2024) PENGARUH MULTIMEDIA IT BERBASIS VISUALISASI 3D TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KIMIA DAN PEMAHAMAN SUBMIKROSKOPIK SISWA PADA MATERI ASAM BASA DI MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (541kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (637kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (610kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Kimia berkaitan dengan multiple representasi, yaitu representasi makroskopik submikroskopik dan simbolik. Sebagian besar siswa kesulitan memahami representasi submikroskopik yang menjelaskan tentang ikatan kimia, molekul, dan sebagainya. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran kimia di kelas yang masih jarang membahas pada representasi submikroskopik terutama pada materi asam basa, tetapi lebih menekankan pada level simbolik dan makroskopik. Oleh karena itu Sebagian siswa beranggapan bahwa kimia itu sulit yang berakibat rendahnya motivasi belajar kimia siswa. Berdasarkan uraian tersebut maka dibutuhkan media yang dapat memvisualisasikan secara 3D,salah satunya adalah Multimedia IT berbasis visualisasi 3D. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh multimedia IT berbasis visualisasi 3D terhadap motivasi belajar kimia siswa pada materi asam basa di MAN Kota Blitar. (2) mengetahui pengaruh multimedia IT berbasis visualisasi 3D terhadap kemampuan submikroskopik siswa pada materi asam basa di MAN Kota Blitar.(3) mengetahui pengaruh multimedia IT berbasis visualisasi 3D terhadap motivasi belajar kimia dan pemahaman submikroskopik siswa pada materi asam basa di MAN Kota Blitar Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment) yang berdesain Nonequivalent control group design. Pada penelitian ini terdapat satu variabel bebas yaitu multimedia IT berbasis visualisasi 3D, dan dua variabel terikat yaitu motivasi belajar kimia dan kemampuan submikroskopik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, dan didapatkan kelas XI IPA 5 sebagai kelas yang diberi perlakuan pembelajaran menggunakan multimedia ITberbasis visualisai 3D dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol yang hanya menggunakan media konvensional. Pengumpulan data yang dilakukan melalui tes dan angket. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji analisis prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis yang berupa uji T bebas dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Adanya pengaruhmultimedia IT berbasis visualisasi 3D terhadap Motivasi belajar kimia siswa pada materi asam basa di MaN Kota Blitar. (2) Adanya pengaruh multimedia IT berbasis visualisasi 3D terhadap pemahaman submikroskopik si siswa pada materi asam basa di MaN Kota Blitar.(3) Adanya pengaruh multimedia IT berbasis visualisasi 3D terhadap motivasi belajar kimia dan pemahaman submikroskopik siswa pada materi asam basa di MAN Kota Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212202050 ELSA RISALATUL FAWAIDAH
Date Deposited: 14 Aug 2024 03:56
Last Modified: 14 Aug 2024 03:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50935

Actions (login required)

View Item View Item