TINJAUAN MUBADALAH TERHADAP KERELAAN ISTRI DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN BIOLOGIS SUAMI (Studi Kasus Di Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri)

HANIF FAIZIN, 12102193216 (2024) TINJAUAN MUBADALAH TERHADAP KERELAAN ISTRI DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN BIOLOGIS SUAMI (Studi Kasus Di Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (430kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hanif Faizin, 12102193216. Tinjauan Mubadalah Terhadap Kerelaan Istri dalam Memenuhi Kebutuhan Biologis Suami (Studi Kasus di Kabupaten Tulungagung), Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, Tulungagung, 2024, pembimbing: Dr. Hj. Nur Fadhilah, M.H. Kata kunci: kebutuhan biologis, kerelaan istri, mubadalah Penelitian ini dilatarbelakangi kesenjangan dalam pemenuhan kebutuhan biologis suami istri, dimana istri adakalanya tidak merasa rela. Realita ini salah satunya dikarenakan pemahaman tekstual tentang aturan dalam agama yang mewajibkan istri harus patuh atas ajakan suami kapanpun dan dimanapun tanpa memikirkan kondisi istri. Kerelaan istri dalam memenuhi kebutuhan biologis suami menjadi isu yang menarik untuk dikaji menggunakan tinjauan mubadalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kerelaan istri dalam memenuhi kebutuhan biologis suami di Kabupaten Kediri? 2) Bagaimana tinjauan Mubadalah terhadap kerelaan istri dalam memenuhi kebutuhan biologis suami? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kerelaan istri dalam memenuhi kebutuhan biologis suami. 2) Menganalisis tujuan Mubadalah terhadap kerelaan istri dalam memenuhi kebutuhan biologis suami. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan tringulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kerelaan istri dalam memenuhi kebutuhan biologis suami di Kabupaten Kediri dilatarbelakangi oleh beberapa hal, yaitu: a) keyakinan istri bahwa memenuhi kebutuhan biologis suami adalah kewajiban dalam agama Islam; b) pandangan istri bahwa memenuhi kebutuhan biologis suami dapat mengobati kelelahan akibat beban pekerjaannya; dan c) kekhawatiran istri jika suami menggunakan jasa prostitusi. Pada saat istri mengalami situasi emosional yang tidak baik (bad mood), kadangkala terjadi penolakan terhadap ajakan suami. Namun, istri akan menyampaikan kepada suami alasan apa yang membuat istri melakukan penolakan. 2) Kerelaan istri dalam memenuhi kebutuhaan biologis suami sejalan dengan prinsip mubadalah, karena mengedepankan komunikasi dan musyawarah antara keduanya. Selain itu, dalam hal pemenuhan kebutuhan biologis, suami istri saling memahami kondisi satu sama lain. Namun demikian, ada hal yang tidak sesuai dengan prinsip mubadalah berkaitan dengan kenyamanan istri. Istri pernah mengalami ketidaknyamanan dalam pemenuhan kebutuhan biologis karena suami tidak memikirkan puncak kenikmatan istri, dengan kata lain hanya memikirkan klimaksnya sendiri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Perempuan
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102193216 HANIF FAIZIN
Date Deposited: 15 Aug 2024 01:34
Last Modified: 15 Aug 2024 01:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50963

Actions (login required)

View Item View Item