PROSES BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PERSAMAAN DIFERENSIAL DITINJAU DARI SELF EFFICACY DI PRODI TADRIS MATEMATIKA UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

NUR ANGGRAINI RIZKI, 1880512220022 (2024) PROSES BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PERSAMAAN DIFERENSIAL DITINJAU DARI SELF EFFICACY DI PRODI TADRIS MATEMATIKA UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tesis dengan judul: “Proses Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Diferensial ditinjau dari Self Efficacy di Prodi Tadris Matematika UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Anggraini Rizki, NIM. 1880512220022, pembimbing I Dr. Maryono, M.Pd dan pembimbing II Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Proses Berpikir Kritis, Teori Ennis, Persamaan Diferensial, Self Efficacy. Penelitian ini dilatar belakangi oleh studi awal yang dilakukan terhadap mahasiswa prodi tadris matematika kelas 5B pada mata kuliah persamaan diferensial. Bahwasannya diperoleh hampir seluruh mahasiswa hanya dapat mengidentifikasi masalah dan menjustifikasi konsep. Namun berhenti pada tahapan menganalisis, sehingga berpengaruh pada tahapan mengevaluasi masalah. Serta pentingnya peserta didik untuk memiliki keterampilan 4C salah satunya yaitu critical thinking and problem solving. Di mana dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis diperlukan suatu aspek pengetahuan tentang keyakinan untuk melakukan tugas tertentu atau disebut self efficacy. Berdasarkan hal tersebut peneliti menggunakan kriteria berpikir menurut Ennis dengan 6 indikator sistematisnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis mahasiswa yang memiliki self efficacy tinggi, self efficacy sedang, dan self efficacy rendah dalam menyelesaikan masalah persamaan diferensial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian yaitu studi kasus. Lokasi penelitian ini adalah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Subjek penelitian berasal dari kelas 6B prodi Tadris Matematika ditinjau dari self efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes tertulis, video think aloud, dan wawancara. Teknik analisis data melalui tahapan J.W. Creswell yaitu mengolah dan mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, meng-coding data, penerapan proses coding data, menghubungkan deskripsi data, dan menginterpretasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan dilakukan dengan peningkatan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini yaitu: proses berpikir kritis mahasiswa yang memiliki self efficacy tinggi memenuhi semua kategori yaitu FRISCO dengan melakukan proses identifikasi pada soal, mengecek derajat atau mengubah ke bentuk PD homogen, mengubah ke bentuk PD terpisah, melakukan proses pengintegralan, memperoleh hasil akhir dengan tepat, dan melakukan pengecekan ulang jawabannya. Proses berpikir kritis mahasiswa yang memiliki self efficacy sedang memenuhi kategori FRSO dengan melakukan proses identifikasi pada soal, mengecek derajat atau mengubah ke bentuk PD homogen, mengubah bentuk ke PD terpisah, dan melakukan pengecekan ulang jawabannya. Proses berpikir kritis mahasiswa yang memiliki self efficacy rendah memenuhi kategori FRS dengan melakukan proses identifikasi pada soal, mengecek derajat atau mengubah ke bentuk PD homogen, dan mengubah ke bentuk PD terpisah.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 1880512220022 NUR ANGGRAINI RIZKI
Date Deposited: 14 Aug 2024 07:29
Last Modified: 14 Aug 2024 07:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50966

Actions (login required)

View Item View Item