PRAKTIK JUAL BELI PUPUK PAKETAN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN FIKIH MUAMALAH (Studi Kasus di Toko Pertanian Subur Jaya Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar)

RATIH RIPFINASARI, 126101201026 (2024) PRAKTIK JUAL BELI PUPUK PAKETAN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN FIKIH MUAMALAH (Studi Kasus di Toko Pertanian Subur Jaya Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (624kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (383kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK RATIH RIPFINASARI, 126101201026, Praktik Jual Beli Pupuk Paketan Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Fikih Muamalah (Studi Kasus di Toko Pertanian Subur Jaya Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar), Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing Dr. Budi Kolistiawan, S.Pd, MEI. Kata Kunci: Jual Beli, Pupuk Paketan, Perlindungan Konsumen, Fikih Muamalah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keterlaksanaan dari peraturan UU No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Fikih Muamalah dalam praktik jual beli pupuk paketan, dimana adanya jual beli pupuk paketan ini terjadi di Toko Pertanian Subur Jaya di Desa Gandusari yang tentunya menimbulkan dampak bagi pembelinya. Dalam penelitian ini peneliti mengambil beberapa rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana sistem jual beli pupuk paketan di Toko Pertanian Subur Jaya Kecamatan Gandusari?, 2) Bagaimana upaya perlindungan hukum terhadap konsumen dalam praktik jual beli pupuk paketan yang ditinjau dari UU No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen?, 3) Bagaimana tinjauan fikih muamalah dalam praktik jual beli pupuk secara paketan?. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris dan normatif, dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem jual beli pupuk paketan di Toko Pertanian Subur Jaya Kecamatan Gandusari dan upaya perlindungan hukum bagi konsumen. Hasil penelitian yang didapat adalah: 1) Dalam pelaksanaan praktik jual beli pupuk paketan pemilik toko mensyaratkan membeli pupuk ZA, Phonska, Urea beserta paketannya pupuk Organik sebagai tambahannya, karena langkanya dari pupuk subsidi. Sedangkan untuk wilayah penjualannya yaitu lahan pertanian milik petani yang sudah tercatat dalam wilayah kelompok tani tertentu. 2) Di Kecamatan Gandusari terdapat lembaga PPL dan KPPP akan tetapi masih belum terlaksana sempurna karena belum adanya sosialisasi terkait adanya penegakan hukum tentang perlindungan konsumen, bahwa mereka dapat mendapatkan informasi yang jelas dan bisa meng-komplain keluhannya sesuai pada Pasal 4 UU No.8 Tahun 1999. Dengan adanya UU No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen memberikan harapan agar pelaku usaha tidak lagi sewenang-wenang yang merugikan hak konsumen. 3) Dalam konsep hukum Islam perlindungan berkaitan dengan hubungan dengan Allah dan sesama manusia. Dari penjelasan pemilik toko jika alasan melakukan karena untuk memperoleh keuntungan yang lebih, maka tidak bisa dijadikan hukum dibolehkannya praktik jual beli pupuk paketan tersebut, atau bisa dikatakan bathil dan fasid karena menguntungkan hanya satu pihak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Investasi
Ekonomi > Jual Beli
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101201026 RATIH RIPFINASARI
Date Deposited: 15 Aug 2024 03:00
Last Modified: 15 Aug 2024 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51036

Actions (login required)

View Item View Item