IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ASURANSI PERTANIAN DALAM PERATURAN BUPATI (PERBUP) TULUNGAGUNG NOMOR 07 TAHUN 2020 TENTANG ASURANSI USAHA TANI PADI (Studi Kasus di Desa Karangsono, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung)

EMALIA RENITA PUTRI, 126101202097 (2024) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ASURANSI PERTANIAN DALAM PERATURAN BUPATI (PERBUP) TULUNGAGUNG NOMOR 07 TAHUN 2020 TENTANG ASURANSI USAHA TANI PADI (Studi Kasus di Desa Karangsono, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (441kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Emalia Renita Putri, 126101202097. Implementasi Kebijakan Asuransi Pertanian Dalam Peraturan Bupati (PERBUP) Tulungagung Nomor 07 Tahun 2020 Tentang Asuransi Usaha Tani Padi (Studi Kasus di Desa Karangsono, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung). Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. H. M. Darin Arif Mu’allifin., S.H., M.Hum. Kata Kunci : Asuransi Pertanian, Peraturan Bupati Tulungagung Nomor 7 Tahun 2020 Asuransi pertanian ini sangat penting bagi kemaslahatan petani, dengan mencairkan klaim pada asuransi dengan harapan dapat meminimalisir kesulitan (musyaqqah) yang dialami. Pemerintah Tulungagung mengeluarkan program asuransi pertanian, diatur dalam peraturan Bupati Nomor 07 Tahun 2020 tentang asuransi usaha tani padi, yang diharapkan akan dapat membantu untuk mengurangi kerugian yang ditanggung oleh para petani yang mengalami gagal panen. Selang beberapa masa kali tanam terjadi permasalahan pengeklaiman premi dalam di program Asuransi Usaha Tani Padi yang telah diterapkan oleh pemerintah sejak tahun 2020. Sehingga timbul kekecewaan warga dan enggan lagi menggunakan asuransi tersebut. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan Asuransi Usaha Tani Padi menurut Peraturan Bupati (PERBUP) Tulungagung Nomor 07 Tahun 2020 tentang Asuransi Usaha Tani Padi di Desa Karangsono, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung? 2) Bagaimana usaha pemerintah terhadap proses pengembangan Asuransi Usaha Tani Padi dalam Peraturan Bupati (PERBUP) Tulungagung Nomor 07 Tahun 2020 tentang Asuransi Usaha Tani Padi di Desa Karangsono, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung? 3) Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap pelaksanaan asuransi pertanian khususnya Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) di Desa Karangsono, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung? Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan daya yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Dalam pelaksanaan program Asuransi Usaha Tani Padi yang ada di Desa Karangsono memang pada awalnya penerapanya berjalan dengan lancar, namun terdapat kendala yang mengakibatkan program ini tidak berjalan dengan baik. 2) Pemerintah terus melakukan usaha dalam proses pengembangan Asuransi Usaha Tani Padi ini dengan melalui bantuan yang dilakukan. 3) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap pelaksanaan asuransi pertanian dalam pengembangan Asuransi Usaha Tani Padi, masih bertentangan dengan prinsip-prinsip asuransi syariah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101202097 EMALIA RENITA PUTRI
Date Deposited: 16 Aug 2024 03:12
Last Modified: 16 Aug 2024 03:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51099

Actions (login required)

View Item View Item