PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA CAPAIAN PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN BUDI PEKERTI DI RA ROUDLOTUL ULUM JABALSARI KECAMATAN SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG

YASMIN NABILA, 126206201012 (2024) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA CAPAIAN PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN BUDI PEKERTI DI RA ROUDLOTUL ULUM JABALSARI KECAMATAN SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
cover-.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (481kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (224kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Yasmin Nabila, 126206201012, 2024, Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android pada Capaian Pembelajaran Nilai Agama dan Budi Pekerti di RA Roudlotul Ulum Jabalsari Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Hafidz Rosyidiana, M.Pd. Kata Kunci: Game Edukasi Berbasis Android, Nilai Agama dan Budi Pekerti, Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Perkembangan teknologi gadget dapat memberikan dampak negatif dan positif. Dampak negatif perkembangan teknologi gadget salah satunya fitur bebas akses yang memungkinkan anak terpapar konten negatif sehingga dapat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan anak terkhusus pada capaian nilai agama dan budi pekerti. Dampak positifnya teknologi gadget dapat memudahkan dalam komunikasi, hiburan bahkan dunia pendidikan. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan game edukasi berbasis android untuk menstimulasi capaian pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini mencakup tiga aspek diantaranya: 1) Bagaimana pengembangan game edukasi berbasis android 2) Bagaimana respon anak usia 5-6 tahun terhadap game edukasi berbasis android dan 3) Bagaimana kelayakan game edukasi berbasis android. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan mengambil tujuh dari sepuluh tahap pengembangan Borg and Gall yaitu, tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, revisi produk akhir. Teknik pengumpulan menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan skala ordinal yang dikonversikan menjadi skala likert. Hasil Penelitian ini diantaranya: 1) Game edukasi berbasis android dikembangkan dari game interaktif powerpoint IspringSuite dan dikonversikan menjadi aplikasi android melaui aplikasi Website2ApkBuilderPro. 2) Respon peserta didik berdasarkan hasil uji coba perorangan yaitu, respon “Ya” 90,50% dan “Tidak” 9,50% atau media masuk kategori (Menarik). 3) Game edukasi berbasis android layak untuk menstimulasi capaian pembelajaran nilai agama dan budi pekerti pada anak usia 5-6 tahun berdasarkan hasil validasi ahli materi dengan presentase 100% (Sangat Layak) ahli media dengan prsentase 69% (Layak), ahli bahasa dengan presentase 100% (Sangat Layak) dan hasil uji coba lapangan pada kelompok kecil pretest 71,66% atau BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan posttest 88,88% atau BSB (Berkembang Sangat Baik). Kelompok besar pretest 72,26% atau BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan posttest 87,95% atau BSB (Berkembang Sangat Baik).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206201012 YASMIN NABILA
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:43
Last Modified: 19 Aug 2024 02:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51143

Actions (login required)

View Item View Item