STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SEHAT DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 TULUNGAGUNG

ZAHRA SYAKILA, 126205201013 (2024) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SEHAT DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (671kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (389kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Sehat di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung” yang ditulis oleh Zahra Syakila, NIM. 126205201013, Pendidikan Guru Madrasah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pebimbing Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Kata Kunci: Karakter, Lingkungan Sehat, Strategi Hal ini dilatar belakangi dari guru yang kadang mengeluhkan mengenai kesulitan yang dialami oleh mereka ketika mengusahakan untuk membentuk anak dalam peduli lingkungan sehat di sekolah. Oleh karena itulah maka dari skripsi ini ditujukan untuk mengeksplorasi karakter mengenai peduli lingkungan sehat yang ada pada siswa dan siswi, serta bagaimana strategi guru dalam hal tersebut. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini yaitu: 1) strategi guru dalam membentuk karakter peduli lingkungan sehat siswa di M 4 Tulungagung? 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat strategi guru dalam membentuk karakter peduli lingkungan sehat di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung? 3) evaluasi strategi guru dalam membentuk karakter peduli lingkungan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung ?. Tujuan penelitan yaitu:1) untuk mendeskirpsikan strategi guru dalam membentuk karakter peduli lingkungan sehat di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung. 2) untuk menganalisis faktor penghambat dan pendukung dalam membentuk karakter peduli lingkungan sehat di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung. 3) untuk menganalisis evaluasi yang dilakukan oleh guru dalam membentuk karakter peduli lingkungan sehat di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini menggunakan penelitiam deskriptif. Informan dari penelitian ini yaitu; Kepala Sekolah, Guru-guru dan siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Tulungagung. Berdasarkan penjelasan tujuan dan fokus dalam penelitian ini yaitu menggunakan, teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian yang sudah peneliti lakukan yaitu: 1) Strategi yang digunakan guru dalam membentuk karakter peduli lingkungan sehat yakni dengan cara mendefinisikan, memberi pemahaman dan menanamkan Pendidikan lingkungan ke dalam pembelajaran dan melibatkan orang tua. 2) Faktor pendukung pelaksanaan strategi peduli lingkungan sehat meliputi ketersediaan sarana sekolah dan keterlibatan seluruh warga sekolah dalam kegiatan hari bersih, Faktor penghambat pelaksanaan strategi yaitu kurangnya kesadaran beberapa siswa tentang pentingnya peduli lingkungan sehat. 3) Evaluasi yang dilakukan guru dalam membentuk karakter peduli lingkungan sehat menggunakan penilaian sikap dan penilaian individual siswa. Melihat perubahan siswa menggunakan metode observasi dan interaksi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201013 ZAHRA SYAKILA
Date Deposited: 30 Aug 2024 03:13
Last Modified: 02 Sep 2024 01:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51600

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item