PENCEMARAN UDARA AKIBAT LIMBAH PETERNAKAN AYAM DITINJAU DARI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 22 TAHUN 2021 TENTANG LINGKUNGAN HIDUP DAN FIKIH SIYASAH (Studi Kasus di Desa Ariyojeding Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung)

MUHAMMAD BAGUS YUDIANTO, 12103183037 (2024) PENCEMARAN UDARA AKIBAT LIMBAH PETERNAKAN AYAM DITINJAU DARI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 22 TAHUN 2021 TENTANG LINGKUNGAN HIDUP DAN FIKIH SIYASAH (Studi Kasus di Desa Ariyojeding Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Muhammad Bagus Yudianto, 12103183037, Pencemaran Udara Akibat Limbah Peternakan Ayam Ditinjau dari Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 Tentang Lingkungan Hidup dan Fikih Siyasah (Studi Kasus di Desa Ariyojeding Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung), Progam Studi Hukum Tata Negara, Jurusan Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah, 2024, Pembimbing: Nurus Sobahah, M.H.I. Kata Kunci: Penegakan, Pencemaran, Peternakan, Lingkungan, Fikih Siyasah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya peternak ayam nakal yang mengabaikan tentang pengelolaan limbah kotoran ayam. Hal ini menyebabkan pencemaran udara berupa bau yang tidak sedap dan mengganggu atau merugikan warga di sekitar kandang ayam. Dalam hal ini peran dari Dinas Lingkungan Hidup sangatlah penting dalam mengatasi masalah ini. Dalam penelitian ini terdapat tiga rumusan masalah, rumusan masalh tersebut antara lain: 1. Bagaimana upaya penegakan hukum terhadap dampak terhadap pencemaran udara akibat limbah ternak ayam petelur di Desa Ariyojeding 2. Bagaiamana upaya penegakan hukum terhadap dampak terhadap pencemaran udara akibat limbah ternak ayam petelur di Desa Ariyojeding ditinjau dari Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup? 3. Bagaimana penegakan hukum terhadap pencemaran udara akibat limbah ternak ayam petelur di Desa Ariyojeding ditinjau dari Fikih Siyasah? Jenis penelitian yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian Hukum Empiris dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi, sedangkan analisis data melalui tahap kondensasi data, tahap penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini yaitu di Desa Ariyojeding ada beberapa oknum peternak nakal yang tidak melakukan pengelolaan limbah kotoran ayam dengan baik. Hal tersebut berimbas pada terganggunya warga sekitar akibat pencemaran udara yang disebabkan oleh limbah kotoran ayam tersebut. Dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulungagung sudah berupaya dalam mengatasi masalah terkait pencemaran udara yang disebabkan oleh limbah kotoran ayam. Akan tetapi memang dalam proses tersebut masih banyak kendala yang di alami, sehingga masih banyak oknum peternak ayam nakal yang tidak melakukan pengelolaan limbah kotoran ayam dengan baik sehingga merugikan warga sekitar kandang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Undang-undang
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 12103183037 MUHAMMAD BAGUS YUDIANTO
Date Deposited: 05 Sep 2024 01:39
Last Modified: 05 Sep 2024 01:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51647

Actions (login required)

View Item View Item