DEWI MASITOH, 126306202067 (2024) IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP ASWAJA KUNIR WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (669kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (595kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (641kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) |
Abstract
Tanggung jawab yang rendah merupakan kondisi di mana seorang siswa kurang mengambil peran aktif dan inisiatif dalam proses pembelajaran. Dan menyebabkan hasil belajar yang tidak maksimal. Seseorang yang mengalami tanggung jawab belajar yang rendah akan mengalami kurangnya pengendalian dalam diri. Maka dari itu, pengelolaan dalam diri atau Self Management penting supaya dapat mengelola perilaku yang dilakukan dan rendahnya tanggung jawab dalam belajar bisa terhindar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil konseling behavioral dengan teknik Self Management dalam meningkatkan tanggung jawab belajar siswa kelas VIII SMP. Dalam penelitian ini menunjukan bahwasanya proses konseling behavioral dengan teknik Self Management dalam meningkatkan tanggung jawab belajar siswa memiliki 3 tahapan yaitu: tahap pertama dengan Self monitoring atau memonitor diri, kemudian pada tahap kedua Self Evaluation atau mengevaluasi diri, dan tahap ketiga yaitu Self Reinforcement atau tahap pemberian penguatan, penghapusan dan hukuman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun hasil dari konseling behavioral teknik Self Management ini menunjukan bahwa siswa yang memiliki rendahnya tanggung jawab dalam belajar mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari sebelum pelaksanaan konseling, konseli sering terlambat ke sekolah, tidur pada saat jam pelajaran, tidak konsentrasi ketika pembelajaran, dan tidak memenuhi aturan yang sesuai. Setelah diberikanya dengan menggunakan teknik Self Management konseli sudah mulai menunjukan perubahan pada perilakunya, konseli sudah bisa untuk mengontrol dirinya, berbuat mandiri yaitu mengerjakan tugas secara mandiri, dan tingkat ketekunan yang lebih membaik. Kata kunci: Konseling Behavioral, Teknik Self Management, Tanggung jawab belajar,1 siswa
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 126306202067 DEWI MASITOH |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 13:21 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 13:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51706 |
Actions (login required)
View Item |