EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN BERLEBIHAN DALAM BERMAIN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS XII SMKN 2 BLITAR

HIMATUL ULYA, 17306163073 (2023) EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN BERLEBIHAN DALAM BERMAIN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS XII SMKN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Himatul Ulya, NIM 17306163073 Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom Untuk Mengurangi Kebiasaan Berlebihan Dalam Bermain Game Online Pada Siswa Kelas XII SMKN 2 Blitar. Skripsi, Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Program Sarjana, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Wikan Galuh Widyarto, M.Pd. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Homeroom, Game Online Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi kebiasaan berlebihan dalam bermain game online pada remaja melalui layanan bimbingan kelompok teknik homeroom. Peneliti menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan desain One Group Pretest Posttest pada populasi siswa kelas XII SMKN 2 Blitar. Sedangkan untuk mengambil data sampel peneliti menggunakan purposive sampling. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini sejumlah 35 siswa, sedangkan sampel berjumlah 7 orang. Terdapat kriteria sampel salah satunya yaitu anak bermain game online lebih dari 3 jam per hari Layanan bimbingan kelompok teknik homeroom ini diberikan kepada subjek yang memiliki kecanduan bermain game online tinggi dan sangat tinggi dilihat dari hasil pretest yang diberikan yaitu sejumlah 70% sampai dengan 90%. Pada uji Paired T-test hasil yang diperoleh yaitu sig.2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok teknik homeroom efektif dalam mengurangi kecanduan bermain game online pada siswa. Adapun dari hasil perhitungan statistik menggunakan SPSS diperoleh nilai rata-rata NGain Score posttest sebesar 101,16% yang berarti teknik homeroom dalam mengurangi kebiasaan berlebih bermain game online Berdasarkan temuan dari penelitian ini, perilaku dari kecanduan bermain game online yang dialami siswa kelas XII di SMKN 2 Blitar dapat diatasi dengan pemberian layanan bimbingan kelompok teknik homeroom.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Kenakalan Remaja
Bimbingan dan Konseling Islam > Sosial
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 17306163073 HIMATUL ULYA
Date Deposited: 30 Aug 2024 04:08
Last Modified: 30 Aug 2024 04:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51913

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item