HIMATUL ULYA, 17306163073 (2023) EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN BERLEBIHAN DALAM BERMAIN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS XII SMKN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (121kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (66kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (209kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (39kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Himatul Ulya, NIM 17306163073 Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom Untuk Mengurangi Kebiasaan Berlebihan Dalam Bermain Game Online Pada Siswa Kelas XII SMKN 2 Blitar. Skripsi, Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Program Sarjana, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Wikan Galuh Widyarto, M.Pd. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Homeroom, Game Online Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi kebiasaan berlebihan dalam bermain game online pada remaja melalui layanan bimbingan kelompok teknik homeroom. Peneliti menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan desain One Group Pretest Posttest pada populasi siswa kelas XII SMKN 2 Blitar. Sedangkan untuk mengambil data sampel peneliti menggunakan purposive sampling. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini sejumlah 35 siswa, sedangkan sampel berjumlah 7 orang. Terdapat kriteria sampel salah satunya yaitu anak bermain game online lebih dari 3 jam per hari Layanan bimbingan kelompok teknik homeroom ini diberikan kepada subjek yang memiliki kecanduan bermain game online tinggi dan sangat tinggi dilihat dari hasil pretest yang diberikan yaitu sejumlah 70% sampai dengan 90%. Pada uji Paired T-test hasil yang diperoleh yaitu sig.2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok teknik homeroom efektif dalam mengurangi kecanduan bermain game online pada siswa. Adapun dari hasil perhitungan statistik menggunakan SPSS diperoleh nilai rata-rata NGain Score posttest sebesar 101,16% yang berarti teknik homeroom dalam mengurangi kebiasaan berlebih bermain game online Berdasarkan temuan dari penelitian ini, perilaku dari kecanduan bermain game online yang dialami siswa kelas XII di SMKN 2 Blitar dapat diatasi dengan pemberian layanan bimbingan kelompok teknik homeroom.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Kenakalan Remaja Bimbingan dan Konseling Islam > Sosial Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 17306163073 HIMATUL ULYA |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 04:08 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 04:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51913 |
Available Versions of this Item
-
EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK
HOMEROOM UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN BERLEBIHAN
DALAM BERMAIN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS XII SMKN 2
BLITAR. (deposited UNSPECIFIED)
- EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN BERLEBIHAN DALAM BERMAIN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS XII SMKN 2 BLITAR. (deposited 30 Aug 2024 04:08) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |