PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA LITERASI DIGITAL DALAM PEMASARAN PRODUK UMKM GENDANG JIMBE DI DESA MINGGIRSARI KANIGORO KABUPATEN BLITAR

NURUL HIDAYAH, 126310202058 (2024) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA LITERASI DIGITAL DALAM PEMASARAN PRODUK UMKM GENDANG JIMBE DI DESA MINGGIRSARI KANIGORO KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER..pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (979kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (664kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Media sosial di era digital saat ini telah menjadi hal utama yang ditawarkan dalam pemasaran. Salah satu pilihan yang dilakukan oleh UMKM dalam pemasaran produk secara online. Namun, banyak UMKM belum dapat memanfaatkan media sosial dengan maksimal dalam usaha mereka. Pemanfataan media sosial dikalangan UMKM masih menghadapi hambatan dan kendala. Padahal pemanfaatan media sosial bisa memberikan keuntungan bagi usaha mereka. Untuk mendukung keberhasilan usaha dari UMKM, dengan pelaku UMKM memilki kemampuan literasi digital. Hal tersebut, menggiring UMKM alat musik gendang jimbe memasarkan produknya secara online dengan memanfaatkan media sosial. Dengan pemanfaatan media sosial untuk pemasaran online produk, manfaat yang didapat oleh UMKM gendang jimbe ada begitu banyak. Meskipun begitu mereka juga menghadapi hambatan ketika memanfaatkan media sosial untuk memasarkan online produk alat musik gendang jimbe. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran, dan hambatan pemanfaatan media sosial dalam memasarkan online produk UMKM alat musik gendang jimbe di Desa Minggirsari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sehingga data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Kemudian diuji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Maka penelitian ini menunjukkan hasil bahwa pemanfaatan media sosial dalam pemasaran online produk UMKM gendang jimbe sebagai promosi produk, serta komunikasi antar penjual dan pembeli dengan penunjang berupa sarana prasarana seperti laptop, handphone, dan beberapa aplikasi penunjang. Hambatan yang dihadapi dalam pemanfaatan media sosial untuk pemasaran online produk UMKM gendang jimbe adalah masalah jaringan internet, dan kurangnya sumber daya manusia.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Media Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: 126310202058 NURUL HIDAYAH
Date Deposited: 02 Sep 2024 04:49
Last Modified: 02 Sep 2024 04:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52024

Actions (login required)

View Item View Item