ANALISIS PENDAYAGUNAAN ZAKAT UNTUK MENGURANGI ANGKA KEMISKINAN DI KABUPATEN TULUNGAGUNG (Studi Kasus di BAZNAS Kabupaten Tulungagung)

RIZKI KHABIBURROKHMAN, 126404203063 (2024) ANALISIS PENDAYAGUNAAN ZAKAT UNTUK MENGURANGI ANGKA KEMISKINAN DI KABUPATEN TULUNGAGUNG (Studi Kasus di BAZNAS Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (307kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (798kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Pendayagunaan Zakat Untuk Mengurangi Angka Kemiskinan di Kabupaten Tulungagung (Studi Kasus BAZNAS Kabupaten Tulungagung)” yang ditulis oleh Rizki Khabiburrokhman, NIM.126404203063. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan dibimbing oleh Rizal Furqon Ramadhan, M.T Penelitian ini dilatarbelakangi oleh angka kemiskinan yang relatif tergolong tinggi di Indonesia, dengan penduduk yang mayoritas beragama islam dan salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, zakat dapat menjadi solusi untuk mengurangi angka kemiskinan yang ada di Indonesia. Adapun fokus permasalahan dalam penulisan ini yaitu : Manajemen Pendayagunaan zakat di BAZNAS Kabupaten Tulungagung. Optimalisasi pendayagunaan zakat produktif dalam mengurangi angka kemiskinan melalui pemberdayaan usaha ekonomi mustahik di BAZNAS Kabupaten Tulungagung. Kendala yang dihadapi serta solusi apa yang diberikan oleh BAZNAS melalui pendayagunaan zakat produktif Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif , dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasipartisipan serta dokumentasi sebagai pengumpul data. Penelitian dilakukan di Baznas Kabupaten Tulungagung. Data yang digunakan dalam penelitian menggunakan data primer berupa hasil wawancara, dan data sekunder berupa catatan atau dokumen dari lembaga. Sedangkan analisis data menggunakan deskripsi analisis, berupa mendeskripsiskan kembali data yang terkumpul. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendayagunaan harta zakat melalui beberapa program di BAZNAS Kabupaten Tulungagung untuk memenuhi kebutuhan pokok melalui beberapa program yang dijalankan oleh BAZNAS Kabupaten Tulungagung, diantaranya, Bantuan modal usaha berupa program Z-Mie dan Z-pentol, BAZNAS Peduli, Beasiswa SKSS (Satu Keluarga Satu Sarjana), ZCD (Zakat Community Development). Dalam proses pendayagunaan harta zakat ini BAZNAS Kabupaten Tulungagung memiliki berbagai kendala yang biasa di hadapi, yaitu komitmen dari mustahik dalam menjalankan bantuan yang telah diberikan untuk mengentaskan mustahik dari belenggu kemiskinan. Dampak pendayagunaan harta zakat melalui 4 program yang dilaksanakan oleh BAZNAS Kabupaten Tulungagung memberikan dampak yang positif terhadap mustahik, hal itu dapat terjadi sebab mustahik dapat memenuhi kebutuhan hariannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Wakaf
Agama > Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat Dan Waqaf
Depositing User: 126404203063 RIZKI KHABIBURROKHMAN
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:39
Last Modified: 03 Sep 2024 07:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52041

Actions (login required)

View Item View Item