IMPLEMENTASI METODE TARJAMAH AL-QUR’AN TERHADAP HAFALAN AL-QUR’AN SISWA (Study Of Explanatory Mixed Method di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan dan Pondok Pesantren Nurus Salam Lodoyo)

SITI DUROTUN NASIKAH, 1880506220038 (2024) IMPLEMENTASI METODE TARJAMAH AL-QUR’AN TERHADAP HAFALAN AL-QUR’AN SISWA (Study Of Explanatory Mixed Method di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan dan Pondok Pesantren Nurus Salam Lodoyo). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (534kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (686kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (652kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (646kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Metode Tarjamah Al-Qur‟an Terhadap Hafalan Siswa di MTs Ma‟arif NU 2 Sutojayan dan Pondok Pesantren Nurus Salam Lodoyo (Study Of Explanatory Mixed Method)” ini ditulis oleh Siti Durotun Nasikah, dengan pembimbing Prof. Dr. H. Abad Badruzzaman, Lc., M.Ag dan Prof. Dr. H. Imam Fu‟adi, M.Ag. Kata Kunci: Metode, Tarjamah, Hafalan Latar belakang dari penelitian tesis ini adalah ditemukan bahwa banyak yang belum mengerti tarjamah Al-Qur‟an. Al-qur'an adalah kitab suci yang di dalamnya terdapat banyak sekali ilmu pengetahuan. al-Qur'an diturunkan menggunakan bahasa arab dengan bahasa yang indah. Telah kita ketahui al-Qur'an menggunakan bahasa arab sedangkan kita menggunakan bahasa indonesia. Inilah salah satu faktor yang membuat kebanyakan orang menjadi sulit mengerti apalagi memahami isi kandungan dalam al-Qur'an. Terjemahan Al-Qur'an merupakan item yang sangat penting bagi masyarakat muslim terutama bagi mereka yang tidak memahami bahasa Arab. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana metode yang digunakan penerjemah dalam menerjemahkan al-Qur'an. Melalui analisis diketahui bahwa hasil terjemahan yang diteliti adalah menggunakan metode syafahi yang memperhatikan bacaan dari guru yang mengajar dan juga metode penerjemahan harfiyyah, hal tersebut bisa dilihat dari ketaatan penerjemah terhadap tata bahasa teks sumber, bentuk frase, bentuk kalimat dan lain sebagainya. Namun terkadang juga penerjemah menggunakan penerjemahan bebas, tetapi tidak terjadi penyimpangan makna dan tidak juga terlalu bebas. Kebanyakan penerjemah memilih metode ini, dikarenakan teks yang diterjemahkan berkaitan dengan firman Allah. Jika penerjemahannya terlalu bebas, bisa terjadi penyimpangan makna, karena mungkin ada kata-kata yang dihilangkan atau dibuang pada saat menerjemahkan. Sedangkan untuk strategi yang digunakan penerjemah, penerjemah menggunakan strategi mengedepankan dan mengakhirkan, membuang, dan menambahkan Sistem Hafalan Qur‟an Terjemah merupakan salah satu metode dalam pembelajaran terjemah Al-Qur‟an. Dimana langkah dalam pembelajarannya mengacu pada Al-Qur‟an Surat Al-Mu‟minun Ayat 78, yaitu as-sam‟a (pendengaran), al-abshâra (penglihatan), al-af-idah (ingatan). Dengan metode tersebut memungkinkan bagi seorang guru untuk mengawasi secara langsung, menilai dan membimbing secara maksimal kemampuan seorang siswa dalam menerjemah kata demi kata, ayat demi ayat, dan surat demi surat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh yang signifikan tarjamah al-Qur‟an terhadap hafalan siswa di MTs Ma‟arif NU 2 Sutojayan dan PP Nurus Salam Lodoyo? (2) Bagaimana perencanaan Tarjamah Al-Qur‟an terhadap hafalan Al-Qur‟an siswa di MTs Ma‟arif NU 2 Sutojayan PP Nurus Salam Lodoyo? (3) Bagaimana metode Tarjamah Al-Qur‟an di MTs Ma‟arif NU 2 Sutojayan dan PP Nurus Salam Lodoyo? (4) Bagaimana penerapan Tarjamah Al-Qur‟an terhadap hafalan Al-Qur‟an siswa di MTs Ma‟arif NU 2 Sutojayan dan PP Nurus Salam Lodoyo? (5) Bagaimana evaluasi Tarjamah AlQur‟an terhadap hafalan Al-Qur‟an siswa di MTs Ma‟arif NU 2 Sutojayan dan PP Nurus Salam Lodoyo? Metode yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mixed method explanatory sequential, yakni metode gabungan antara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menerapkan metode dengan dua tahap, tahap pertama menggunakan metode kuantitatif dan tahap kedua menggunakan metode kualitatif untuk memperdalam hasil temuan metode sebelumnya. Interpretasi dan temuan penelitian dari dua metode kemudian digabungkan untuk dianalisis secara simultan (bersama-sama) Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada pengaruh yang positif dari pengaruh tarjamah Al-Qur‟an terhadap hafalan Al-Qur‟an. (2) Perencanaan pembelajaran tarjamah Al-Qur‟an adalah menentukan target capaian yaitu siswa tahfidz yang semula 3 juz menjadi 5 juz, menetapkan dan menyepakati metode yang dipakai yaitu metode hafalan tarjamah, yang disebut dengan three in three, evaluasi proses yaitu melalui kunjungan yang dihadiri oleh pengasuh Pondok Pesantren Yahtadi dan evaluasi hasil yaitu adanya hasil target yang memenuhi yaitu tahfidz yang awalnya 3 juz menjadi 5 juz, (3) Pelaksanaan Pembelajaran Sistem Hafalan Terjemah di Madrasah Tsanawiyah Maa‟arif NU 2 Sutojayan dan PP Nurus Salam Lodoyo yaitu proses pembelajaran terjemah Al Qur‟an, yang menggunakan metode pembelajaran Sistem Hafalan Terjemah (4) Penerapan pembelajaran tarjamah Al-Qur‟an adalah melalui langkah pembelajaran yang dikenal dengan sebutan “three in three”, yaitu bunyi, baca, dan tirukan guru tiga kali dan siswa tiga kali sesuai dengan QS. Al-Mu‟minun ayat 78, yaitu as-sam‟a (pendengaran), al-abshâra (penglihatan), al-af-idah (ingatan), dan (5) Evaluasi pembelajaran, yang dilaksanakan setelah pembelajaran selesai pada setiap akhir pertemuan atau setelah satu juz melalui setoran dengan ustadz/ ustadzahnya. Kemampuan hasil belajar pada aspek kognitif siswa dalam pembelajaran Sistem Hafalan Terjemah di Madrasah Tsanawiyah Ma‟arif NU 2 Sutojayan dan PP Nurus Salam Lodoyo dinyatakan dalam tes yang diadakan setelah satu juz dan setelah pembelajaran tarjamah setiap pertemuan. Kata Kunci: Implementasi, Sistem Hafalan Terjemah

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1880506220038 SITI DUROTUN NASIKAH
Date Deposited: 30 Aug 2024 07:44
Last Modified: 30 Aug 2024 07:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52094

Actions (login required)

View Item View Item