PELUANG DAN TANTANGAN GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA DI MIN 7 TULUNGAGUNG

ELFA ROHMAH ANDRIANI, 126205203226 (2024) PELUANG DAN TANTANGAN GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA DI MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (837kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (957kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (913kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Elfa Rohmah Andriani, NIM:126205203226, 2024. Peluang dan Tantangan Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di MIN 7 Tulungagung. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. Hj Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Peluang, Tantangan, Guru, Kurikulum Merdeka Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya perubahan kurikulum yang sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran, karena dengan perubahan kurikulum pembelajaran akan semakin efektif dan efisien serta akan mengalami kemajuan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Namun, perubahan kurikulum seringkali mengalami permasalahan baru, sehingga pada tahap penerapannya banyak terdapat kendala sehingga sekolah dan siswa pun membutuhkan adaptasi peralihan kurikulum. Kurikulum Merdeka di MIN 7 Tulungagung diterapkan pada kelas I dan IV sejak tahun 2023/2024 yang secara bertahap. Dalam penerapannya tidak terlepas dengan adanya dukungan kepala sekolah, tim penyusun kurikulum serta peran wali murid dan komite sekolah yang ikut mendukung dalam penerapan kurikulum Merdeka. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peluang guru dalam menerapkan kurikulum Merdeka di MIN 7 Tulungagung (2) Untuk mengetahui tantangan guru dalam menerapkan kurikulum Merdeka di MIN 7 Tulungagung (3) Untuk mengetahui solusi guru untuk mengatasi tantangan guru dalam menerapkan kurikulum Merdeka di MIN 7 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi (triangulasi teknik), mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Dan hasil penelitian ini, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa: (1) peluang guru dalam menerapkan kurikulum Merdeka yaitu adanya kebijakan kementrian pendidikan Nadiem Makariem terkait penerapan kurikulum merdeka belajar, Penerapan kurikulum Merdeka yang sudah diterapkan pada kelas I dan IV,adanya dukungan dari kepala sekolah, tim penyusunan kurikulum, peran serta wali murid, dan komite sekolah yang ikut dalam mendukung penerapan kurikulum Merdeka, mempersiapkan dan mengembangkan capaian pembelajaran (CP), tujuan pembelajaran (TP), alur tujuan pembelajaran (ATP) dan modul ajar, serta mempersiapkan strategi dalam pembelajaran yang efektif, kreatif, dan inovatif. (2) tantangan guru dalam menerapkan kurikulum Merdeka yaitu kompetensi guru dan kualitas guru yang sudah harus memahami kurikulum Merdeka, guru harus menguasai sebuah pembelajaran berbasis teknologi misalnya pembelajaran berbasis proyektor/LCD, kurangnya sarana dan prasarana di madrasah dan guru harus menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan lebih menyenangkan (3) solusi guru untuk mengatasi tantangan kurikulum Merdeka adalah guru harus mengikuti pelatihan seminar/workshop guna untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi guru, dan kepala sekolah mengadakan pertemuan rutin evaluasi setelah penerapan kurikulum Merdeka.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203226 ELFA ROHMAH ANDRIANI
Date Deposited: 05 Sep 2024 06:41
Last Modified: 05 Sep 2024 06:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52136

Actions (login required)

View Item View Item