PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI MIA 5 MAN 2 TULUNGAGUNG MATERI TRIGONOMETRI TAHUN AJARAN 2016/2017

ANIS SAFITRI, 2814133013 (2017) PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI MIA 5 MAN 2 TULUNGAGUNG MATERI TRIGONOMETRI TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Safitri, Anis. 2017. Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas XI MIA 5 MAN 2 Tulungagung Materi Trigonometri Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik sekolah menengah atas masih rendah. Hal ini juga berakibat pada kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah, menggunakan istilah dan simbol matematika dengan baik dan benar, serta proses penjelasan berfikir matematis. Hal ini dikarenakan komunikasi berhubungan dengan proses matematika yang lain. Komunikasi merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika. Komunikasi dalam pembelajaran matematika meliputi kemampuan peserta didik dalam (1) Membaca, menulis dan berdiskusi suatu presentasi matematika tertulis. (2) Berasumsi dan menyusun pertanyaan dari suatu informasi, permasalahan atau kejadian matematika tertentu yang diberikan. Menyusun argumen, membuat konjektur, menyususn definisi dan genaralisasi. (3) Menelaah untuk menginterpretasikan ide, simbol, istilah dari informasi matematika yang diberikan. Mengevaluasi ide, simbol, istilah matematika dari hasil kerja orang lain. (4) Menggunakan bahasa dan simbol matematika dalam: membuat model matematika dari situasi, persoalan, dan peristiwa sehari-hari yang melibatkan matematika, merefleksikan benda-benda nyata, gambar dan diagram dalam ide matematika, merespon pernyataan, mengekspresikan gagasan, argumen dan menjelaskan secara konkret, geometri dan aljabar secara tepat, singkat dan logis. Fokus penelitian: (1) Bagaimanakah kemampuan komunikasi matematis tulis peserta didik kelas XI MIA 5 MAN 2 Tulungagung materi trigonometri tahun ajaran 2016/2017. (2) Bagaimanakah kemampuan komunikasi matematis lisan peserta didik kelas XI MIA 5 MAN 2 Tulungagung materi trigonometri tahun ajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data tertulis dari hasil pekerjaan peserta didik pada tes 2, data hasil observasi selama kegiatan pembelajaran dan data hasil wawancara dengan beberapa peserta didik yang memenuhi kriteria sebagai peserta didik berkemampuan akademis stabil, pada kategori kemampuan akademis tinggi, sedang 1, sedang 2, dan rendah. Berdasarkan hasil penelitian diketahui: (1) Kemampuan komunikasi matematis tulis peserta didik berkemampuan akademis tinggi dan sedang 1 berada pada kategori baik. Kemampuan komunikasi matematis non verbal peserta didik berkemampuan akademis sedang 2 dan rendah berada pada kategori cukup. Ditinjau dari indikator komunikasi matematis, seluruh kategori peserta didik kelas XI MIA 5 belum mampu memenuhi ke 4 indikator dengan baik. (2) Kemampuan komunikasi matematis lisan peserta didik berkemampuan akademis tinggi, sedang 1, sedang 2 dan rendah di kelas XI MIA 5 sudah baik, rata-rata peserta didik sudah mampu berkomunikasi secara matematis, tapi masih perlu ditingkatkan. Hal ini ditunjukkan dari keseluruhan kategori peserta didik kelas XI MIA 5 belum mampu memenuhi ke 4 indikator komunikasi matematis verbal dengan baik. Rata-rata setiap kategori peserta didik kelas XI MIA 5 memenuhi secara sempurna 1 indikator kemampuan komunikasi matematis dari 4 indikator.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133013 Anis Safitri
Date Deposited: 13 Jun 2017 06:27
Last Modified: 13 Jun 2017 06:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5214

Actions (login required)

View Item View Item