PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE GOOGLE SITES MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MELATIH NUMERASI SISWA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA

QURROTA A'YUNI, 126212201005 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE GOOGLE SITES MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MELATIH NUMERASI SISWA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (796kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (662kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (342kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pada era merdeka belajar ini, siswa harus memperkuat kemampuan numerasi mereka. Seseorang dengan kemampuan numerasi yang baik dapat memecahkan masalah dan berpikir kritis terhadap masalah yang dihadapinya. Hukum dasar kimia dibutuhkan kemampuan numerasi agar siswa menyelesaikan persoalan-persoalan terkait hukum dasar kimia. Oleh karena itu, dalam mempelajari materi ini dibutuhkan pemahaman konsep yang mendalam, sehingga perlu adanya media pembelajaran yang menarik. Media pembelajaran yang menarik dapat menjadikan stimulus bagi siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, media pembelajaran yang sering digunakan oleh guru adalah media power point dan terbatasnya LCD proyektor menyebabkan terhambatnya penggunaan media tersebut. Peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis website google sites guna memfasilitasi siswa dengan media pembelajaran yang menarik dan di dalam media pembelajaran terdapat pendekatan saintifik. Menerapkan pendekatan saintifik dalam media pembelajaran dapat melatih numerasi siswa khususnya pada materi hukum dasar kimia. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pengembangan media pembelajaran berbasis web google sites menggunakan pendekatan saintifik untuk melatih numerasi siswa pada materi hukum dasar kimia, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran tersebut berdasarkan penilaian dari validator, (3) mengetahui respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran tersebut. Model penelitian dan pengembangan (R&D) yang digunakan adalah model ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara untuk analisis kebutuhan produk, lembar validasi untuk menguji kelayakan produk, serta angket analisis kebutuhan siswa dan angket uji respon siswa dan guru terhadap penggunaan produk. Validasi dilakukan oleh tim ahli yang merupakan dosen kimia dan guru kimia. Subjek uji coba terbatas dilakukan terhadap 29 siswa kelas X MA Al-Ma’arif Plus Keterampilan Tulungagung. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu (1) menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis website google sites menggunakan pendekatan saintifik untuk melatih numerasi siswa pada materi hukum dasar kimia dengan bantuan aplikasi penunjang antara lain: freepik, inshoot, canva, youtube, dan google form dan wordwall, (2) kelayakan produk mendapatkan persentase rata-rata dari tim ahli sebesar 91% dengan kriteria “sangat valid”, (3) respon guru diperoleh persentase rata-rata sebesar 95% dengan kriteria “sangat valid” dan respon siswa diperoleh persentase rata-rata sebesar 79% dengan kriteria “valid”. Demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis website google sites menggunakan pendekatan saintifik layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212201005 QURROTA A'YUNI
Date Deposited: 05 Sep 2024 05:35
Last Modified: 05 Sep 2024 05:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52144

Actions (login required)

View Item View Item