DELLA ANGGUN PRAMESWARI, 1880512220017 (2024) PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA BERBASIS OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI SE-KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (42kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (360kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (47kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Pengembangan Buku Ajar Matematika Berbasis Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Se-Kabupaten Tulungagung ” ini ditulis oleh Della Anggun Prameswari, NIM. 1880512220017, dengan pembimbing Dr. Muniri, M.Pd dan Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Buku Ajar Matematika, Open Ended, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Dalam menyelesaikan soal matematika terkadang siswa masih kesulitan jika soal yang diberikan berbeda dengan contoh yang sudah dijelaskan oleh guru. Sehingga siswa berasumsi bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit dan memberikan dampak pada kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Buku ajar matematika berbasis open ended dimunculkan oleh peneliti sebagai bahan ajar yang akan diberikan kepada siswa dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan buku ajar matematika berbasis open ended, penulis menyajikan lebih dari satu cara penyelesaian soal berbeda yang benar guna memberikan banyak sudut pandang untuk siswa. Sehingga siswa tidak bertanya-tanya lagi bagaimana cara penyelesaian soal tersebut dan diharapkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dapat meningkat. Sehingga tujuan penelitian pengembangan ini untuk membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui buku ajar matematika berbasis open ended kelas VII semester 1. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Develpoment (RnD) yang mengacu pada model penelitian ADDIE dengan menggunakan lima tahap pengembangan yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B di SMPN 1 Boyolangu dan SMPN 2 Campurdarat. Subjek penelitian sebanyak 147 siswa yang terdiri kelas VII A dan VII B di SMPN 1 Boyolangu serta SMPN 2 Campurdarat. Data penelitian ini berupa observasi awal lapangan, hasil pengerjaan soal siswa angket respon siswa, dan angket respon guru dengan instrumen penelitiannya yaitu lembar soal, angket respon siswa, dan angket respon guru. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa (1) Dua validator ahli media dan materi memberikan presentase 90,46% dengan kategori sangat valid. (2) Produk buku ajar matematika berbasis open ended dengan presentase 80% - 100% telah memenuhi kriteria efektif sehingga dinyatakan efektif digunakan. (3) Produk buku ajar matematika berbasis open ended dengan presentase 85% dinyatakan praktis digunakan karena dari uji kepraktisan terhadap pembelajaran menggunakan buku ajar matematika berbasis open ended telah memenuhi kriteria praktis (4) Produk buku ajar matematika berbasis open ended diketahui mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan sebagian besar nilai rata-rata mengalami terus peningkatan, namun ada beberapa anak yang nilainya naik turun dan nilainya tetap dengan rata-rata yakni 76,21; 76,29; 78,31; dan 82,15 di SMPN 1 Boyolangu serta 76,33; 78,30; 80,4; dan 83,44 di SMPN 2 Campurdarat. Saran dari peneliti supaya buku ajar ini dapat dikembangkan lebih baik lagi dan menambah materi hingga satu tahun ajaran yakni semester 1 dan semester 2.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Sumber Belajar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1880512220017 DELLA ANGGUN PRAMESWARI |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 03:04 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 03:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52282 |
Actions (login required)
View Item |