Pengaruh Model Pembelajaran Kolaborasi Think Pair Share (TPS) dan Talking Stick terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung

Samrotul Fuadah, 2814133170 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kolaborasi Think Pair Share (TPS) dan Talking Stick terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (603kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (233kB)

Abstract

ABSTRAK. Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kolaborasi Think Pair Share (TPS) dan Talking Stick terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon” ini ditulis oleh Samrotul Fuadah NIM. 2814133170, Pembimbing : Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Kolaborasi, Think Pair Share (TPS) dan Talking Stick, Hasil Belajar Latar belakang penelitian dalam skripsi ini adalah rendahnya kualitas pembelajaran dan hasil belajar matematika siswa dikarenakan mayoritas guru matematika masih menggunakan metode mengajar yang berkisar pada metode ceramah. Dalam mempelajari matematika guru hendaknya memperhatikan proses belajar siswa tidak hanya memprioritaskan pada pencapaian hasil belajar yang dilihat dari skor UAS saja, dikarenakan skor UAS yang baik tidak menjamin kualitas belajar siswa juga baik. Oleh karena itu, diperlukan adanya inovasi pembelajaran dalam mempelajari matematika agar hasil belajar matematika siswa memiliki kualitas yang baik dan bermanfaat terhadap bidang ilmu yang lain. Salah satu model pembelajaran yang inovatif adalah model kolaborasi Think Pair Share(TPS) dan Talking Stick yang dapat mendorong siswa untuk berpikir kreatif, berdiskusi dan saling bertukar pendapat, serta menciptakan suasana belajar yang aktif dan tidak membosankan. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaborasi Think Pair Share (TPS) dan Talking Stick terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. 2) untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran kolaborasi Think Pair Share (TPS) dan Talking Stick terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. 3) untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung setelah digunakan model pembelajaran kolaborasi Think Pair Share (TPS) dan Talking Stick. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel penelitian yaitu kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Adapun metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif model pembelajaran kolaborasi Think Pair Share (TPS) dan Talking Stick terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Hal ini sesuai dengan pengujian hipotesis melalui uji Independent Sample T-test pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai t hitung(4,211) > ttabel (2,000). Besar pengaruh model pembelajaran kolaborasi Think Pair Share (TPS) dan Talking Stick terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung adalah 62,2% dengan kategori tinggi. Hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon menjadi lebih baik setelah digunakan model pembelajaran kolaborasi Think Pair Share (TPS) dan Talking Stick dibandingkan dengan model konvensional.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S.Pd. 2814133170 SAMROTUL FUADAH
Date Deposited: 14 Jun 2017 07:15
Last Modified: 14 Jun 2017 07:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5239

Actions (login required)

View Item View Item