Peningakatan Minat Belajar Al Qur’an pada Siswa melalui Kompetensi Sosial Guru di MA Al Hikmah Langkapan Srengat Blitar

SHOFIATUR ROHMAH, 2811133238 (2017) Peningakatan Minat Belajar Al Qur’an pada Siswa melalui Kompetensi Sosial Guru di MA Al Hikmah Langkapan Srengat Blitar. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (547kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (917kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (551kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (734kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (38kB)

Abstract

Skripsi dengan judul ”Peningakatan Minat Belajar Al Qur’an pada Siswa melalui Kompetensi Sosial Guru di MA Al Hikmah Langkapan Srengat Blitar” ini ditulis oleh Shofiatur Rohmah, NIM. 2811133238,Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakulatas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang di bimbing oleh Dra. Hj. Retno Indayati, M.Si Kata kunci:Minat belajar Al Qur’an, Kompetensi sosial guru Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Islam pada masa kini yang dihadapkan pada tantangan zaman.Dalam menghadapi tantangan tersebut seorang guru khususnya guru madrasah berupaya semaksimal mungkin untuk dapat mendorong siswanya untuk tidak meninggalkan ajaran Islam seperti membaca Al-Quran. Yang menjadi fokus penelitian dalam skripsi ini adalah; (1)Bagaimana kesantunan komunikasi guru dalam meningkatkan minat belajar Al- Qur’an secara tartil pada siswa di MA Al Hikmah Langkapan Srengat. (2) Bagaimana keefektifan pergaulan guru dalam peningakatan minat tadabur Al-Qur’an pada siswa di MA Al Hikmah Langkapan Srengat?. (3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat guru dalam peningkatan minat belajar Al-Qur’an secara tartil dan tadabur pada siswa di MA Al Hikmah Langkapan Srengat? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah(1) Untuk mengetahui kesantunan komunikasi guru dalam meningkatkan minat belajar Al- Qur’an secara tartil pada siswa di MA Al Hikmah Langkapan Srengat. 2) Untuk mengetahui keefektifan pergaulan guru dalam peningakatan minat tadabur Al Qur’an pada siswa di MA Al Hikmah Langkapan Srengat. (3) untuk mengetahui Faktor pendukung dan penghambat guru dalam peningkatan minat belajar Al-Qur’an secara tartil dan tadabur pada siswa di MA Al Hikmah Langkapan Srengat. Adapun metode penelitian dalam skripsi ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini ada 3 yaitu: orang, meliputi kepala madrasah, guru, dan siswa. tempat, paper/dokumen yaitu berupa catatan-catatan atau arsip. Prosedur pengumpulan data meliputi: metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, verivikasi atau penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber, metode, dan teori. Setelah penulis mengadakan penelitian dangan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa (1) adapun kesantunan komunikasi guru dalam meningkatkan minat belajar Al-Qur’an secara tartil pada siswa melalui kompetensi sosial guru di MA Al Hikmah langkapan Srengat meliputi melalui diklat, rapat MGBS , supervisi, melakukan pembiasaan, Pemberian Point/Nilai, serta adanya bimbingan. (2) dalam keefektifan pergaulan guru dalam peningakatan minat tadabur Al-Qur’an pada siswa di MA Al Hikmah langkapan Srengat dengan meningkatkan kompetensi sosial guru, kerjasama yang baik antara guru dengan wali murid,dan melakukan tadarus Al-Qur’an setiap pagi sebelum pembelajan di kelas dimulai. (3) Ada beberapa faktor pendukung dan penghambat guru dalam peningkatan minat belajar Al-Qur’an secara tartil dan tadabur pada siswa di MA Al Hikmah Langkapan Srengat yaitu; Adanya minat dari anak didik, fasilitas yang memadai, pelajaran tilawatil Qur’an, kompetensi sosial guru dalam hal berkomunikasi dan bergaul secara efektif baik terhadap siswa maupun guru lainnya. Sedangkan faktor penghambatnya, Kurang adanya kesadaran anak didik akan pentingnya belajar Al-Qur’an, Lingkungan dan keadaan ekonomi keluarga yang rendah sehingga anak didik kurang mendapat perhatian dan kontrol dari orang tua untuk belajar Al-Qur’an, selain itu kurangnya sarana dan prasarana.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133238 Shofiatur Rohmah
Date Deposited: 20 Jun 2017 04:13
Last Modified: 20 Jun 2017 04:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5284

Actions (login required)

View Item View Item