PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MOLYMOD BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI HIDROKARBON

DIMAS CHARIS RENANDRA, 126212202047 (2024) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MOLYMOD BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI HIDROKARBON. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (849kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (638kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (540kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran yang berbasis kearifan lokal. Alat peraga molymod termasuk salah satu media yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi hidrokarbon yang dapat membantu siswa memahami materi yang diajarkan. Masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami karakteristik senyawa karbon bentuk struktur dari senyawa hidrokarbon. Hal ini disebabkan masih banyak sekolah yang kekurangan alat peraga dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) proses pengembangan, (2) tingkat kelayakan media dan, (3) respon siswa terhadap pengembangan alat peraga molymod berbasis kearifan lokal pada materi hidrokarbon. Jenis penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) yang bertujuan mengembangkan suatu produk dengan model pengembangan 4D. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 MAN 2 Nganjuk dan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, lembar validasi, dan angket respon siswa. Pegembangan alat peraga ini dilakukan dan mengadaptasi dari model four-D (4D) dari S.Triagarajan yang mengikuti langkah diantaranya pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Hasil penelitian ini menunjukkan (1) pengembangan alat peraga molymod sebagai media pembelajaran menggunakan basis kearifan lokal dengan 4 tahapan. (2) hasil validasi ahli media memperoleh nilai rata-rata 75% dan ahli materi 82% dengan kriteria layak. (3) hasil respon siswa yang berjumlah 32 terhadap alat peraga molymod yang dikembangkan memperoleh nilai setuju.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212202047 DIMAS CHARIS RENANDRA
Date Deposited: 22 Sep 2024 07:12
Last Modified: 22 Sep 2024 07:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52998

Actions (login required)

View Item View Item