URGENSI TAKLIK TALAK TERHADAP ISTRI PERSPEKTIF TOKOH NAHDLATUL ULAMA DAN MUHAMMADIYAH (Studi Kasus di Kecamatan Kras Kabupaten Kediri)

ERFIN YUNIKA HARIYANTI P., 12102173115 (2023) URGENSI TAKLIK TALAK TERHADAP ISTRI PERSPEKTIF TOKOH NAHDLATUL ULAMA DAN MUHAMMADIYAH (Studi Kasus di Kecamatan Kras Kabupaten Kediri). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (968kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Erfin Yunika Hariyanti Putri, 12102173115, Urgensi Taklik Talak Terhadap Istri Perspektif Tokoh Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah (Studi Kasus di Kecamatan Kras Kabupaten Kediri), Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2023, Pembimbing Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag., M.H.I. Kata kunci: Urgensi Taklik Talak, Tokoh Nahdlatul Ulama, Tokoh Muhammadiyah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi dibeberapa desa di kecamatan Kras yaitu terkait beberapa permasalahan mengenai sighat taklik, banyak pelanggaran sighat taklik talak yang terjadi di masyarakat tetapi pelanggaran tersebut tidak mempengaruhi apapun dalam kehidupan rumah tangga. Fenomena tersebut menyebabkan perdebatan mengenai bagaimana sebenarnya urgensi taklik talak. Rumusan masalah: 1) Bagaimana praktik taklik talak terhadap istri di Kecamatan Kras Kabupaten Kediri? 2) Bagaimana pandangan Tokoh Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah mengenai taklik talak terhadap istri di Kecamatan Kras Kabupaten Kediri? Tujuan penelitian: 1) Untuk mendeskripsikan praktik taklik talak terhadap istri di Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. 2) Untuk menganalisis pandangan Tokoh Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah mengenai taklik talak terhadap istri di Kecamatan Kras Kabupaten Kediri Jenis metode penelitian yang dilakukan yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan Kualitatif dan metode deskriptif analisis. Tehnik pengumpulan data: Obsevasi, Wawancara mendalam dan Dokumentasi. Tehnik analisi data: Reduksi data, Paparan dan penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tehnik pengecekan keabsahan temuan: Memperpanjang masa pengamatan, Pengamatan terus-menerus, triangulasi. Hasil penelitian: 1) Jadi dapat kita ketahui bahwa praktik taklik talak di kecamatan kras ini belum sesuai dengan tujuan dibuatnya sighat taklik talak. Dikarenakan saat adanya pelanggaran, pihak istri sebenarnya bisa melakukan gugatan ke pengadilan. Karena Sighat taklik memang akan jatuh talak jika istri melakukan gugatan ke pengadilan, namun jika istri tidak melakukan gugatan ke pengadilan maka talak tidak akan pernah jatuh. 2) Urgensi Sighat taklik menurut pandangan Tokoh Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah terbagi menjadi 2 versi. Versi pertama yaitu para tokoh yang berpendapat bahwa Sighat taklik ini tidak terlalu urgent seperti dahulu, karena sekarang sudah ada undang-undang yang mengatur mengenai hak dan kewajiban suami istri. Versi kedua yaitu para tokoh yang berpendapat bahwa Sighat taklik ini masih memiliki urgensi yang sama seperti saat dibuat dahulu, ini karena hukum-hukum ini ada untuk menguatkan satu sama lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Muhammadiyah
Nahdlatul Ulama
Peradilan Islam > Talak
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102173115 ERFIN YUNIKA HARIYANTI P.
Date Deposited: 10 Sep 2024 07:33
Last Modified: 10 Sep 2024 07:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53076

Actions (login required)

View Item View Item