RELASI SUAMI ISTRI BEDA USIA DALAM PERSPEKTIF FIQH MUNAKAHAT (Studi kasus di Desa Pagerwojo Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar)

EVA SEPTIA MAHARANI, 12102193127 (2024) RELASI SUAMI ISTRI BEDA USIA DALAM PERSPEKTIF FIQH MUNAKAHAT (Studi kasus di Desa Pagerwojo Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Eva Septia Maharani,12102193127, Relasi Suami Istri Beda Usia Dalam Perspektif Fiqh Munakahat, Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syari’ah Dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag., M.H.I. Kata Kunci: Relasi Suami Istri beda usia dan fiqh munakahat Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya Sebagai pasangan suami istri tentu memiliki hak dan kewajiban bersama meskipun berbeda usia atau usia terpaut jauh seharusnya hak dan kewajiban tersebut harus tetap dilaksanakan untuk menjaga keharmonisan rumah tangga. Akan tetapi pasangan di Desa Pagerwojo pihak lelaki tidak melakukan kewajibannya dalam memenuhi kebutuhan lahiriyah dengan menafkahi istri begitu pula sebaliknya, pihak wanita walaupun umur terpaut jauh dengan suami juga tidak melaksanakan kewajibannya sebagai seorang istri seperti mentaati suami, mendidik dan memelihara anak dengan baik, menjaga kehormatan dan mengurus rumah tangga demi kesejahteraan keluarga. Rumusan penelitian adalah: 1).Bagaimana Relasi suami istri beda usia di Desa Pagerwojo Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar? 2). Bagaimana Relasi suami istri beda usia di Desa Pagerwojo Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar dalam Perspektif Fiqh Munakahat? Penelitian ini bertujuan untuk: 1)⁠. Menghetahui relasi suami istri beda usia di Desa Pagerwojo Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar. 2). Mengetahui relasi suami istri beda usia di Desa Pagerwojo Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar dalam Perspektif Fiqh Munakahat? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan tringulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan dasarnya tidak ada aturan yang mengatur apa yang dianggap sebagai perbedaan usia yang wajar atau tidak wajar dalam pernikahan. Beberapa orang tidak mempermasalahkan perbedaan usia dalam pernikahan, sementara yang lain mungkin mempertanyakan dinamika kekuasaan dan kematangan antara pasangan yang memiliki perbedaan usia yang besar. 2) Memenuhi kebutuhan lahiriyah dengan menafkahi istri begitu pula sebaliknya, pihak wanita walaupun umur terpaut jauh dengan suami juga tidak melaksanakan kewajibannya sebagai seorang istri seperti mentaati suami, mendidik dan memelihara anak dengan baik, menjaga kehormatan dan mengurus rumah tangga demi kesejahteraan keluarga.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Fiqih > Ibadah Sunnah
Fiqih > Ibadah Wajib
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102193127 EVA SEPTIA MAHARANI
Date Deposited: 11 Sep 2024 07:05
Last Modified: 11 Sep 2024 07:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53183

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item