DINA DWI MARSELA, 12306193105 (2024) HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU DISIPLIN PADA SISWA MAN 1 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (177kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Dina Dwi Marsela, NIM 12306193105, Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Disiplin Pada Siswa di MAN 1 Blitar, Pembimbing Febranti Putri Novion, M.Pd. Kata Kunci: Kontrol Diri, Perilaku Disiplin Kedisiplinan di sekolah merupakan hal sangat penting, karena dapat memberikan dampak yang positif terhadap lingkungan sekolah dan juga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bagi siswa dengan meningkatkan rasa percaya diri dan tanggung jawab pada diri siswa. Dalam hal kedisiplinan siswa, tidak lepas dari masalah perilaku negatif siswa yang akhir-akhir ini semakin memprihatinkan. Siswa melakukan berbagai tindakan negative di sekolah, mulai dari mencontek, membolos, bullying hingga pelanggaran ekstrakurikuler seperti membuat geng, tawuran atau pertengkaran, penyalahgunaan narkoba, seks bebas, mencuri hingga pelanggaran yang lebih berbahaya serta merugikan untuk diri sendiri dan orang lain. Perilaku siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain faktor lingkungan, keluarga, dan sekolah. Kurangnya mengontrol dirinya sendiri juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan siswa melanggar tata tertib yang ada di sekolah. Karena siswa yang memiliki pengendalian diri atau kontrol diri yang rendah maka mereka akan cenderung berperilaku negatif atau menunjukkan perilaku tidak disiplin, begitupun sebaliknya jika siswa memiliki pengendalian diri atau kontrol diri yang tinggi maka mereka akan berperilaku positif atau berperilaku disiplin. Dari penjelasan di atas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara kontrol diri dengan perilaku disiplin pada siswa di MAN 1 Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional, dengan subjek penelitian yaitu kelas 11 MAN 1 Blitar. Populasi pada penelitian ini berjumlah 420 responden dan sampel yang dijadikan penelitian berjumlah 85 responden. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus teknik slovin. Teknik untuk menganalisis data menggunakan skala likert dan teknik uji korelasi product moments dengan nilai sig. < 0,05. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa uji normalitas mendapatkan hasil sebesar 0,799 untuk kontrol diri dan 0,795 untuk perilaku disiplin yang mana kedua nilai signifikan tersebut besar dari 0,05 dan dapat disimpulkan data berdistribusi normal. Yang dihasilkan dari uji linieritas yaitu bernilai 0,419 > 0,05 yang artinya variabel kontrol diri (X) dan perilaku disiplin (Y) memiliki hubungan linier secara signifikan. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji korelasi product moments menunjukkan bahwa nilai signifikan dibawah 0,05 yaitu sebesar 0,000 < 0,05. Dan hasil dari pearson correlation untuk variabel kontrol diri (X) dan perilaku disiplin (Y) sebesar 0,492 > 0,213 dalam analisis ini bentuk hubungannya positif. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian ini memiliki korelasi dengan derajat sedang dan bentuk hubungannya positif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku Sumber Daya Manusia Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 12306193105 DINA DWI MARSELA |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 03:05 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 03:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53283 |
Actions (login required)
View Item |