IZIN SUAMI UNTUK ISTRI YANG INGIN MENJADI TENAGA KERJA DILUAR NEGRI DALAM PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM (Studi Kasus di Desa Karangsari, Kec. Rejotangan, Kab. Tulungagung)

MUHAMMAD IMAM SAFII, 126102202156 (2024) IZIN SUAMI UNTUK ISTRI YANG INGIN MENJADI TENAGA KERJA DILUAR NEGRI DALAM PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM (Studi Kasus di Desa Karangsari, Kec. Rejotangan, Kab. Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (324kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “ Izin Suami Untuk Istri Yang Ingin Tenaga Kerja Di Luar Negri Dalam Persepektif Hukum Keluarga Islam.” Ini ditulis oleh Muhammad Imam Safii, jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung 2024. Dibimbing Oleh Dr. Ahmad Musonnif, M.H.I Kata Kunci: Izin Suami, Tenaga Kerja diluar negri Penelitian ini dilatarbelakangi dengan maraknya para istri yang bertekad untuk menjadi tenaga kerja diluarnegeri walaupun masih meninggalakan anak kecil dirumah. Maka dari dengan tujuan untuk memperbaiki ekonomi pada kehidupan keluarga mereka. Rumusan Masalah utama yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pemberian izin suami terhadap istri untuk bekerja di luar negri (2) Bagaimana respon suami terhadap istri yang ingin ke luar negri, dan (3) Bagaimana proses pemberian izin yang di kaji dari tinjauan hukum islam. Penelitian ini bertujuan (1)Untuk mendiskripsikan proses pemberian izin suami terhadap istri untuk bekerja di luar negri situasi di desa Karangsari (2)Untuk mengklasifikasikan respon suami terhadap istri yang ingin ke luar negri di desa Karangsari (3) Untuk mengklasifikasikan proses pemberian izin yang di kaji dari tinjauan hukum islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus dan pendekatan deskriptif analitis. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan beberapa responden yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa situasi seorang istri yang ingin menjadi tenaga kerja diluar negri seringkali dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal, seperti dorongan untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga atau keinginan untuk mengembangkan diri secara profesional. Hasil penelitian ini adalah (1) kurang tercukupinya kebutuhan keluarga jika hanya mengandalkan hasil dari seorang suami (2) Respon suami terhadap istri untuk bekerja sebagai tenaga kerja kerja di luar negri bervariasi, mulai dari dukungan penuh hingga penolakan. Beberapa suami mendukung istri mereka untuk bekerja demi meningkatkan kesejahteraan keluarga, sementara yang lain merasa khawatir akan dampak negatif terhadap peran tradisional istri dalam keluarga.(3) Dari sudut pandang Islam, terdapat pemahaman bahwa istri memiliki hak untuk bekerja dan mandiri secara ekonomi asalkan tidak melanggar prinsip-prinsip agama dan aturan hukum Islam. Islam mendorong kesetaraan hak dan kewajiban antara suami dan istri, namun tetap mempertahankan nilai-nilai keluarga dan menjaga keseimbangan antara kebutuhan ekonomi dan tanggung jawab keluarga. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pemahaman lebih mendalam tentang izin suami untuk istri yang ingin menjadi Tenaga Kerja di Luar Negri dalam konteks hukum keluarga Islam, serta menjadi acuan bagi pasangan suami istri dalam menjalani peran dan tanggung jawab mereka dalam keluarga sesuai dengan ajaran agama Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Hukum > Hukum Keluarga Islam
Hukum > Putusan
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 126102202156 MUHAMMAD IMAM SAFII
Date Deposited: 21 Sep 2024 02:42
Last Modified: 21 Sep 2024 02:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53324

Actions (login required)

View Item View Item