PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM), KUALITAS PELAYANAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. MANGGALA JAYA GAS

HAFIDZ SYARIFUDIN BAIHQI, 126405202157 (2024) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM), KUALITAS PELAYANAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. MANGGALA JAYA GAS. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (880kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Customer Relationship Management, Kualtias Pelayanan dan Komunikasi Terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Manggala Jaya Gas” ini ditulis oleh Hafidz Syarifudin Baihaqi, NIM. 126405202157, jurusan Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan pembimbing Nadia Roosmalita Sari, S.Pd., M.Kom. Pelanggan yang loyal merupakan salah satu faktor atas kelancaran suatu bisnis. Program manajemen pelanggan yang tersusun secara rapi bisa dijadikan salah satu teknik pemasaran yang efektif untuk menjaga stabilitas kegiatan bisnis. PT. Manggala Jaya Gas juga menerapkan program manajemen pelanggan dan memiliki pelanggan yang loyal. Dengan demikian PT. Manggala Jaya Gas tidak melakukan kegiatan promosi untuk menggait pelanggan baru namun dengan membangun sistem yang memudahkan pelanggan untuk melakukan transaksi bisnis, manajemen yang rapi dan terstruktur. Program ini dirasa paling sesuai dengan jenis bisnis ini, dan juga memudahkan dalam kegiatan manajemennya. Adapun tujuan dari penelitian ini dirumuskan dalam rumusan masalah, yakni untuk mengetahui: (1) pengaruh CRM, kualitas pelayanan dan komunikasi secara simultan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Manggala Jaya Gas. (2) pengaruh CRM secara parsial terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Manggala Jaya Gas. (3) pengaruh kualitas pelayanan secara parsial dengan loyalitas pelanggan pada PT. Manggala Jaya Gas. (4) pengaruh komunikasi secara parsial terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Manggala Jaya Gas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis asosiatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling, dengan jumlah 78 responden, dan menggunakan skala likert. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi dan menyebar angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS 26.0 dengan melakukan uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinieritas, heterokedastisitas, regresi linier berganda, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nilai dari uji F atau secara simultan variabel CRM, kualitas pelayanan dan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Manggala Jaya Gas. (2) Kemudian dari uji t atau secara parsial, menunjukkan variabel CRM berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Manggala Jaya Gas, (3) sedangkan variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Manggala Jaya Gas, (4) variabel komunikasi juga tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Manggala Jaya Gas. Kata kunci: Loyalitas, CRM, Pelayanan, Komunikasi

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Customer
Ekonomi > Konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 126405202157 HAFIDZ SYARIFUDIN BAIHAQY
Date Deposited: 21 Sep 2024 14:10
Last Modified: 21 Sep 2024 14:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53450

Actions (login required)

View Item View Item