DINAMIKA PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DARUL FALAH DESA BENDILJATI KULON KABUPATEN TULUNGAGUNG 1986-1991

RIRIN NURAINI, 12307193045 (2024) DINAMIKA PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DARUL FALAH DESA BENDILJATI KULON KABUPATEN TULUNGAGUNG 1986-1991. [ Skripsi ]

[img] Text
DINAMIKA PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DARUL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan pondok pesantren sebagai wujud dari proses pembangunan pendidikan nasional, termasuk Pondok Pesantren Darul Falah. Keberadaan Pondok Pesantren Darul Falah di tengah-tengah masyarakat dapat mempengaruhi perubahan sosial, khususnya bagi generasi muda untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Salah satu ulama KH Ghufron Aly yang berkiprah di masyarakat Bendiljati Kulon. Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah: pertama, bagaimana latar belakang berdirinya pondok pesantren Darul Falah? Kedua, bagaimana perkembangan pendidikan pondok pesantren Darul Falah tahun 1986-1991. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sejarah berdirinya pondok pesantren Darul Falah, serta perkembangan pendidikan pondok pesantren Darul Falah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah dengan tahapan heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Beberapa temuan dalam penelitian ini antara lain: pertama, berdirinya pondok pesantren Darul Falah yang pada awalnya merupakan mushola hingga menjadi pondok pesantren. Kedua, kiprah KH. Ghufron Aly sebagai tokoh ulama yang dikenal luas oleh masyarakat, Ketiga, perkembangan pendidikan pondok pesantren Darul Falah yang menerapkan kurikulum salafiyah. Kata Kunci:Dinamika, Pendidikan, Pondok Pesantren Darul Falah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: 12307193045 RIRIN NURAINI
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:25
Last Modified: 23 Sep 2024 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53516

Actions (login required)

View Item View Item