PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI SMA/MA

LUTFI FITRIANI, 126212201013 (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI SMA/MA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (782kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (522kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi Nilai Keislaman Pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA/MA” ini ditulis oleh Lutfi Fitriani, NIM. 126212201013, pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Kata Kunci : e-modul, project based learning, terintegrasi nilai keislaman, asam basa. Bahan ajar merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran. Ketersediaan bahan ajar berbasis teknologi dan model pembelajaran kontruktivistik dapat mewujudkan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik sehingga mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang diterapkan adalah project based learning yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir peserta dalam kreativitas, terampil, dan mendorong untuk bekerja sama. Selain itu, bahan ajar yang terintegrasi nilai keislaman dalam pembelajaran kimia khususnya materi asam basa untuk membentuk peserta didik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang sesuai dengan karakter dalam Kurikulum Merdeka. Materi ini dipilih karena sebagian peserta didik masih merasa kesulitan pada materi asam basa pada perhitungan pH asam basa. Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengembangkan e-modul kimia berbasis project based learning (PjBL) terintegrasi nilai keislaman pada materi asam bas akelas XI SMA/MA; (2) mengetahui validitas e-modul; serta (3)mengetahui respon peserta didik terhadap e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D), dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D dengan tiga tahap pengembangan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Instrumen penelitian yang digunakan berupa wawancara untuk analisis kebutuhan pengembangan produk, lembar validasi untuk mengetahui validitas produk, dan angket untuk menganalisis kebutuhan pengembangan produk serta mengetahui respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Uji validitas dilakukan oleh satu dosen kimia dan satu guru kimia MAN 1 Tulungagung, sementara uji respon peserta didik dilakukan secara terbatas dengan melibatkan 30 peserta didik kelas A22-A MAN 1 Tulungagung. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa (1) modul elektronik (e-modul) berbasis project based learning terintegrasi nilai keislaman pada materi asam basa kelas XI SMA/MA, (2) E-modul tersebut dinyatakan valid berdasarkan penilaian validiator ahli materi, ahli media, dan ahli integrasi nilai keislaman dengan persentase 79%, serta (3) hasil uji respon peserta didik terhadap e-modul berada pada kriteria sangat baik dengan persentase 81%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif pada pembelajaran kimia materi asam basa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212201013 LUTFI FITRIANI
Date Deposited: 27 Sep 2024 01:59
Last Modified: 27 Sep 2024 01:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53713

Actions (login required)

View Item View Item