IWANA SEPTI RONIYAH, 12305193093 (2023) CROWDFUNDING SEBAGAI MEDIA GOTONG ROYONG DI ERA DIGITAL (Studi Pada Kampanye #Rodarodaramadhan Oleh Benihbaik.com). [ Skripsi ]
Text
CROWDFUNDING SEBAGAI MEDIA GOTONG ROYONG DI ERA DIGITAL STUDI PADA KAMPANYE #RODARODARAMADHAN OLEH BENIHBAIK.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Crowdfunding atau pendanaan kolektif telah menjadi fenomena yang signifikan dalam melakukan penggalangan dana untuk berbagai inisiatif sosial, Pendidikan, agama dan kemanusian. Dengan adanya teknologi baru pada era digital yang terhubung melalui jaringan internet, masyarakat dapat melakukan funding dengan mudah tanpa terhalang keterbatasan jarak dan waktu. Penelitian ini membahas peran crowdfunding sebagai media gotong royong di era digital. Dengan fokus pada studi kasus kampanye “RodaRodaRamadhan” di platform BenihBaik.com. melalui analisis terhadap kampanye ini, penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana crowdfunding memobilisasi partisipasi masyarakat dalam bentuk gotong royong, meningkatkan kesadaran sosial dan memberikan dampak positif dalam konteks kemanusiaan. Metode penelitian mencangkup analisis konten kampanye melalui hastag RodaRodaRamadhan, wawancara dengan penggiat kampanye dan donator yang berpartisipasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RodaRodaRamadhan sebagai salah satu program dari benihbaik.com yang termasuk dalam crowdfunding mampu membawa tujuannya dan membawa eksistensi gotong royong yang sudah menjadi bagian luhur bangsa benar–benar menjadi media gotong royong di era digital agar dapat terus dilestarikan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Media Sosial Penyiaran Islam Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | 12305193093 IWANA SEPTI RONIYAH |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 01:13 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 01:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53730 |
Actions (login required)
View Item |