IMPLEMENTASI METODE HABITUASI AMALIYAH AHLUSUNNAH WAL JAMA’AH DALAM MEMBENTUK KARAKTER ASWAJA AN-NAHDLIYAH DI SMA KHADIJAH SURABAYA

FATMA FAIZATUL A'YUNIN, 1880506220031 (2024) IMPLEMENTASI METODE HABITUASI AMALIYAH AHLUSUNNAH WAL JAMA’AH DALAM MEMBENTUK KARAKTER ASWAJA AN-NAHDLIYAH DI SMA KHADIJAH SURABAYA. [ Thesis ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (894kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (636kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (426kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)

Abstract

Fatma Faizatul A’yunin. 1880506220031, 2024. Tesis dengan judul “ Implementasi Metode Habituasi Ahlussunnah Wal Jama’ah dalam Membentuk Karakter Aswaja An-Nahdliyah di SMA Khadijah Surabaya.” dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag dan Prof. Dr. H. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I Kata kunci: Metode Habituasi, Karakter Aswaja An-Nahdliyah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidikan karakter di Indonesia dinilai masih kurang maksimal dalam peran pembentukan karakter peserta didik. hal ini dikarenakan mayoritas pendidikan di Indonesia umumnya masih menekankan pada teori semata, sehingga pendidikan karakter di Indonesia dirasa kurang berhasil. Akibatnya karakter anak bangsa di zaman sekarang ini menghadapi masalah yang cukup serius. Bahkan ditengarai terjadi degradasi karakter di kalangan remaja dan pelajar. Dewasa ini tidak hanya permasalahan tentang degradasi moral tetapi dizaman sekarang negara Indonesia juga tengah dihadapi dengan permasalahan paham radikalisme, yang mana dalam hal ini sasarannya adalah anak-anak usia remaja. Melihat permasalahan tersebut perlu adanya perhatian yang lebih dalam pendidikan karaker di sekolah. Dalam Islam penggagas pendidikan karakter yang sudah ada sejak zaman dahulu yaitu Nabi Muhammad SAW, yang merupakan teladan bagi umat manusia seluruh alam. Ahlussunnah Wal Jamaah (aswaja) adalah golongan pengikut Nabi Muhammad SAW. yang secara konsisten berpegah teguh mengikuti dan mengamalkan ajaran dan amalan yang bersumber dari Nabi SAW. baik yang berupa perkataan, perbuatan dan apa yang disetujui oleh Nabi, termasuk juga mengikuti apa yang telah dicontohkan oleh para sahabat. Ajaran Aslussunnah Wal Jama’ah dianggap penting terutama dalam dunia pendidikan. Karena di dalamnya memuat tentang nilai-niilai dasar Islam. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk menganalisis temuan penelitian tentang perencanaan metode habituasi amaliyah Ahlussunnah Wal Jama’ah dalam membentuk karakter aswaja An-nahdliyah di SMA Khadijah Surabaya. 2. Untuk menganalisis temuan penelitian tentang mekanisme pelaksanaan metode habituasi amaliyah Ahlusunnah Wal Jama’ah dalam membentuk karakter aswaja Annahdliyah di SMA Khadijah Surabaya. 3. Untuk menganalisis temuan penelitian tentang evaluasi pelaksanaan metode habituasi amaliyah Ahlusunnah Wal Jama’ah dalam membentuk karakter aswaja An-nahdliyah di SMA Khadijah Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pemberian makna terhadap data yang telah selesai dikumpulkan kemudian ditarik kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data yaitu mencocokkan data hasil wawancara dan dokumentasi dengan hasil pengamatan langsung (observasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Perencanaan metode habituasi amaliyah ahlussunnah wal jama’ah dalam membentuk karakter aswaja di SMA Khadijah Surabaya yaitu dengan menentukan target atau tujuan dari penerapan habituasi atau pembiasaan amaliyah aswaja, adanya pembekalan pemahaman amaliyah aswaja kepada peserta didik baru atau kelas 10, hal ini dilakukan untuk memperkenalkan dan menanamkan nilai-nilai aswaja yang ada dalam pembiasaan amaliyah aswaja an-nahdliyah, selanjutnya pembelajaran aswaja sebagai penguat dalam implementasi habituasi amaliyah aswaja. Pembelajaran aswaja menjadi salah satu alasan untuk memberikan pemahaman dan keyakinan yang kuat terkait amaliyah keaswajaan. 2. Mekanisme pelaksanaan metode habituasi amaliyah ahlussunnah wal jama’ah dalam membentuk karakter aswaja an-nahdliyah di SMA Khadijah Surabaya yaitu habituasi amaliyah aswaja di SMA Khadijah terbagi kedalam beberapa waktu yaitu harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Pembiasaan amaliyah aswaja an-nahdliyah dilakukan secara rutin dan berulang (continue). Amaliyah aswaja harian terdiri dari membaca do’a sebelum belajar yang dilanjutkan dengan muraja.ah surat-surat pilihat seperti Al’Mulk, Ar’Rahman, Al- Waqiah dan Yasin yang dilakukan pada hari Senin dan Kamis secara rutin. Shalat dzuhur dan ashar berjamaah. Amaliyah aswaja mingguan terdiri dari shalat jum’at berjama’ah di sekolah. Amaliyah aswaja bulanan terdiri dari istihghosah bersama. Amaliyah aswaja tahunan terdiri dari adanya peringatan hari besar Islam (PHBI), Haul K.H Abdul Wahab Turcham pendiri yayasan Khadijah Surabaya, peringatan Hari Santri Nasional (HSN), Kegiatan Ramadhan seperti nderes kitab kuning, berhati panti, dan nuzulul qur’an dan ziarah wali bagi kelas 12 sekalgus sebagai pisah kenang peserta didik kelas XI. 3. Evaluasi pelaksanaan metode habituasi amaliyah ahlussunnah wal jama’ah dalam membentuk karakter aswaja annahdliyah di SMA Khadijah Surabaya yaitu evaluasi target dalam habituasi atau pembiasaan amaliyah aswaja yaitu peserta didik memiliki pemahaman dan pembiasaan amaliyah menjadi suatu kebiasaan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Evaluasi dilakukan dengan mengadakan ujian praktik keagamaan yang dilakukan disetiap akhir semester dengan mengacu pada standar kompetensi kelulusan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1880506220031 FATMA FAIZATUL A'YUNIN
Date Deposited: 01 Oct 2024 02:57
Last Modified: 01 Oct 2024 02:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53816

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item