STUDY MA’ANIL HADIS: MODEL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM KITAB SYARAH HADIS TARBAWI AL-JAUHAR AL-FARID KARYA AHMAD GHAZALI AL-MADURI

M. SAFIF AIDIN NAIM, 12312193037 (2023) STUDY MA’ANIL HADIS: MODEL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM KITAB SYARAH HADIS TARBAWI AL-JAUHAR AL-FARID KARYA AHMAD GHAZALI AL-MADURI. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
STUDY MA’ANIL HADIS MODEL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM KITAB SYARAH HADIS TARBAWI AL-JAUHAR AL-FARID KARYA AHMAD GHAZALI AL-MADURI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hadis merupakan dasar pendidikan islam yang menempati posisi kedua setalah Al-Qur’an. di dalam kitab suci tersebut Allah telah memberikan petunjuk tentang segala aspek pendidikan, termasuk pendidikan anak usia dini. Petunjuk dalam Al-Qur’an masih bersifat global, untuk memehaminya di perlukan hadis, baik yang berupa perkataan, perbuatan, dan ketetapan Nabi. Artikel ini mendeskripsikan pemahaman hadis tentang model pendidikan anak usia dini yang terdapat pada kitab syarah hadis tarbawi Al-jauhar Al-Farid karya KH Ahmad Ghazali Al-Maduri. Tujuan penelitian ini, untuk menelisik kitab syarah hadis tarbawi Al-jauhar Al-Farid dalam dinamika literatur kitab syarah hadis tarbawi di Indonesia serta menggali nilai-nilai yang terkandung dalam hadis tentang model pendidikan anak usia dini pada kitab tersebut dengan pemahaman yang lebih luas. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif metode deskriptif analitis bersifat kepustakaan (Library Research), sedangkan dalam menggali pemahaman hadis peneliti menerapkan teori ma’anil hadis Syuhudi Ismail yaitu dengan analisis bentuk teks, mengidentifikasi konteks historis, mengkaji hadis yang tampak bertentangan dan melakukan kontekstualisasi. Hasil dari penelitian menujjukkan bahwa penulisan syarah hadis tarbawi di nusantara sejak abad ke 20 Masehi yang memiliki struktur kepenulisan tentang pensyarahan hadis tarbawi yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan tauhid dan akhlak. Sementara dalam Kitab Al-Jauhar Al-Farid lebih condong pada pensyarahan hadis tentang pendidikan anak usia dini yang bersifat kemanusian dengan memperhatikan kebutuhan anak usia dini dalam proses pendidikan serta menyesuaikan dengan perkembangan zaman, seperti larangan mendidik anak dengan kekerasan, mendidik anak dengan keteladan dan tidak pilih kasih dalam memberikan kasih sayang dan mendidik anak. Kata kunci : Hadis tarbawi, pendidikan, anak usia dini, Ma’anil Hadis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Hadist
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Hadits
Depositing User: 12312193037 M. SAFIF AIDIN NAIM
Date Deposited: 15 Oct 2024 08:49
Last Modified: 15 Oct 2024 08:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54113

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item