IKLAN DAN REPRESENTASI GAYA RAMBUT PRIA

ASNA FAUZIAH, 12305193104 (2023) IKLAN DAN REPRESENTASI GAYA RAMBUT PRIA. [ Skripsi ]

[img] Text
IKLAN DAN REPRESENTASI GAYA RAMBUT PRIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penampilan merupakan salah satu hal penting bagi manusia, termasuk pria. Salah satunya adalah gaya rambut. Rambut adalah salah satu bagian tubuh manusia yang penting sebagai penunjang penampilan baik wanita maupun pria. Rambut dapat mengepresikan diri membentuk identitas, dan bahkan memengaruhi bagaimana orang lain memandang. Terdapat anggapan umum yang terbentuk dan mengakar dalam masyarakat bahwa lakilaki harus tampil maskulin sedangkan perempuan harus feminin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis semiotik dengan pendekatan Roland Barthes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat makna denotasi, konotasi serta mitos atau ideologi pada iklan pomade di media sosial Instagram. Hasil itu diperoleh dari tanda-tanda pada gambar-gambar berupa foto model dengan membawa produk pomade dan berpenampilan rapi serta memiliki gaya rambut Quiff, French Crop, Curtain, dan Comma. Berdasarkan hasil analisis, dapat ditarik kesimpulan bahwa karakteristik maskulinitas pada laki-laki yang digambarkan dalam iklan pomade adalah berpenampilan rapi, dan selalu memiliki sikap percaya diri. Hal ini tentu selaras dengan pandangan umum di masyarakat Indonesia bahwa pria idaman digambarkan memiliki penampilan yang terawat, tubuh yang kuat atau kokoh, untuk menunjang kepercayaan diri yang tinggi. Kata Kunci : Gaya Hidup, Maskulinitas, Representasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Jurnal
Komunikasi Islam
Media Sosial
Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 12305193104 ASNA FAUZIAH
Date Deposited: 20 Oct 2024 04:58
Last Modified: 20 Oct 2024 04:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54145

Actions (login required)

View Item View Item