QOMARUDIN HIDAYAT, 12308183094 (2022) SELF CONTROL REMAJA PECANDU GAME DOMINO HIGGS ISLAND DI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
SELF CONTROL REMAJA PECANDU GAME DOMINO HIGGS ISLAND DI TULUNGAGUNG.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Maraknya game Domino Higgs Island di kalangan remaja tidak lepas dari adanya iming-iming kemenangan untuk mendapatkan sejumlah uang walaupun sistemnya adalah taruhan. Remaja yang tidak bisa mengontrol diri dalam bermain game Domino Higgs Island dapat menyebabkan kecanduan sehingga melakukan tindakan-tindakan yang negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui self control remaja yang kecanduan game Domino Higgs Island beserta dampak yang ditimbulkanya di daerah Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus dengan teknik tematik sebagai analisis datanya. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi kepada tiga subjek yang teerindikasi kecanduan bermain game Domino Higgs Island. Hasil penelitian menemukan tujuh tema yang berbeda yaitu waktu bermain, mengendalikan keinginan untuk bermain, pengaruh lingkungan, menafsirkan informasi, pengambilan keputusan, respon stimulus dan dampak bermain. Dari ketujuh tema tersebut menunjukkan bahwa remaja kesulitan dalam mengontrol dirinya bermain game Domino Higgs Island sehingga menimbulkan rasa malas, lalai akan kewajiban, prestasi akademik menurun, tidak fokus belajar dan melakukan tindakan- tindakan negatif seperti berhutang dan menggadaikan atau menjual barang-barangnya untuk bisa bermain game Domino Higgs Island. Kata Kunci : Domino Higgs Island, kecanduan, remaja, self control
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Psikologi Psikologi > Psikologi kepribadian Psikologi > Psikologi sosial |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | 12308183094 QOMARUDIN HIDAYAT |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 06:01 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 06:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54157 |
Actions (login required)
View Item |