PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII DI SMPN 5 TULUNGAGUNG

GADIS NISCAYANING KUNTARI, 12204173138 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII DI SMPN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (519kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran ICARE Terhadap Kemampuan Literasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Materi Materi Garis dan Sudut Kelas VII di SMPN 5 Tulungagung” ini disusun oleh Gadis Niscayaning Kuntari, NIM. 12204173138, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Kata Kunci: Pembelajaran ICARE, Kemampuan Literasi, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMPN 5 Tulungagung yaitu pada bidang garis dan sudut. Model pembelajaran ICARE(Introduction, Connection, Application, Reflection, dan Extension. Introduction) menjadi fokus penelitian karena pendekatannya yang komprehensif yang menekankan pada penemuan, kolaborasi, penerapan, refleksi, dan eksplorasi, serta diproyeksikan memberikan kontribusi yang besar dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan jenis quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Adapun desain penelitian pada penelitian ini menggunakan Desain Control Group Pretest-Posttest. Penelitian ini terdiri dari 1 variabel bebas yakni model pembelajaran ICARE (X), dan 2 variael terikat yakni kemampuan literasi (Y1) dan kemampuan pemecahan masalah (Y2). Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik pengambilan sampel probabilitas tipe purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes, dokumentasi, observasi. Dalam penelitian ini yang menjadi sumber data primer adalah siswa- siswi kelas VII SMPN 5 Tulungagung, guru matematika kelas VII dan kepala sekolah maupun staf yang ada di SMPN 5 Tulungagung. Sedangkan sumber data sekunder adalah hasil pretest maupun posttest siswa kelas VII SMPN 5 Tulungagung. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara metode pembelajaran ICARE (X) terhadap kemampuan literasi siswa (Y1) dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (Y2). Dengan metode yang menekankan pada inovasi, kolaborasi, aplikasi, refleksi, dan eksplorasi (ICARE), penelitian ini bertujuan untuk menggali dampak positif model pembelajaran tersebut terhadap peningkatan keterampilan matematika siswa. Berdasarkan temuan penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran ICARE terhadap kemampuan literasi dan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMPN 5 Tulungagung, disarankan agar model pembelajaran ini digunakan pada pembelajaran matematika di sekolah lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Bangun Datar
Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173138 GADIS NISCAYANING KUNTARI
Date Deposited: 23 Oct 2024 02:51
Last Modified: 23 Oct 2024 02:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54230

Actions (login required)

View Item View Item