Dia Mustikawati, 5846767668230332 (2024) Turnitin Artikel Pengaruh Media Canva terhadap Kemampuan Berpikir Simbolis pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK An Nur Tulungagung. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Tulungagung.
Text
Manuscript artikel Dian Mustikawati (1).pdf Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir simbolis pada anak usia 4-5 tahun merupakan pondasi penting pada perkembangan kognitif, yakni dalam pengenalan huruf dan angka yang berperan pada literasi dan numerasi di masa depan. Kemampuan berpikir simbolis akan berkembang maksimal dengan menggunakan media namun, media pembelajaran konvensional sering kali kurang efektif dalam merangsang kemampuan simbolis ini secara optimal. Teknologi digital seperti Canva menawarkan potensi sebagai media pembelajaran interaktif yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir simbolis pada anak. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penggunaan media Canva terhadap kemampuan berpikir simbolis pada anak usia 4-5 tahun di TK An Nur. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desainpre-test dan post-test yang dilaksanakan pada dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dengan menggunakan Canva dan kelompok kontrol dengan menggunakan media pembelajaran konvensional. Populasi penelitian terdiri dari 40 anak yang dibagi menjadi dua kelompok. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan signifikan pada kemampuan berpikir simbolis, dengan rata-rata nilai post-test sebesar 76,25, dibandingkan kelompok kontrol yang hanya mencapai rata-rata 55,72. Dari paparan tersebut di atas menunjukkan bahwa media Canva efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir simbolis pada anak usia 4-5 tahun.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Artikel Dosen Pendidikan > PAUD Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 285 Dian Mustikawati, M.Pd |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 07:49 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 07:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54553 |
Actions (login required)
View Item |