Dziki Ari Mubarok, - (2024) Turnitin Artikel Pembelajaran Materi Lingkaran Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. FKIP - Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Kampar.
Text
TURNITIN ARTIKEL DZIKI ARI MUBAROK NEW.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini berfokus pada upaya dalam penikatan kemampuan siswa dalam mata pelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan investigasi kelompok. Penelitian ini dilakukan dengan dua tahapan, yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan evaluasi. Penelitian ini melibatkan 30 siswa dari kelas VIII di SMP PGRI 6 Malang dan dilakukan pengumpulan data dari tes hasil belajar serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian memaparkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok efektif dalam menunjang peningkatan prestasi belajar siswa. Data awal menunjukkan bahwa 20 siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, jumlah siswa yang belum tuntas berkurang menjadi 11 siswa. Pada siklus II, terjadi penurunan lebih lanjut menjadi 4 siswa. Hal ini membuktikan bahwa peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa juga dipengaruhi oleh model pembelajaran yang diterapkan. Dengan kata lain, semakin banyak siswa yang memenuhi KKM dan nilai rata-rata dalam kelas juga mengalami peningkatan secara berkelanjutan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi lingkaran.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 210 Dziki Ari Mubarok, M.Pd. |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 04:32 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 04:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54623 |
Actions (login required)
View Item |