PEMANFAATAN CHANNEL YOUTUBE @HISTORIC INDONESIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI TEORI MASUKNYA AGAMA ISLAM KE INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS 10 MAM 05 WERU PACIRAN LAMONGAN

ANA RICHLATUL AULIYAK, 12209193060 (2023) PEMANFAATAN CHANNEL YOUTUBE @HISTORIC INDONESIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI TEORI MASUKNYA AGAMA ISLAM KE INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS 10 MAM 05 WERU PACIRAN LAMONGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (623kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pemanfaatan Channel Youtube @historic Indonesia Sebagai Sumber Belajar Materi Teori Masuknya Agama Islam Ke Indonesia Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas 10 MAM 05 Weru Paciran Lamongan” Skripsi ini ditulis oleh Ana Richlatul Auliyak, NIM 12209193060, dosen pembimbing Dita Hendriani M.A NIP 197912202014032001 Kata kunci: Media Pembelajaran, Channel Youtube @historic Indonesia, Pemahaman Siswa, dan Sejarah Materi Teori Masuknya Agama Islam Ke Indonesia. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh masalah yang meliputi Rendahnya pemahaman siswa terhadap materi teori masuknya agama Islam ke Indonesia, tidak menarik minat siswa, sumber belajar siswa hanya terpaku pada LKS, siswa sulit fokus terhadap pembelajaran. Oleh karena itu digunakan media Channel Youtube @historic Indonesia untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa dan mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana pemanfaatan Channel Youtube @historic Indonesia sebagai sumber belajar materi teori masuknya agama Islam ke Indonesia untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas 10 Madrasah Aliyah Muhammadiyah 05 Weru Paciran Lamongan. (2) Apa dampak dalam pemanfaatan Channel Youtube @historic Indonesia sebagai sumber belajar materi teori masuknya agama Islam ke Indonesia untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas 10 Madrasah Aliyah Muhammadiyah 05 Weru Paciran Lamongan. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pemanfaatan dan dampak Channel Youtube @historic Indonesia sebagai sumber belajar materi teori masuknya agama Islam ke Indonesia untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas 10 Madrasah Aliyah Muhammadiyah 05 Weru Paciran Lamongan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menganalisis secara induktif. (1) Adapun pemanfaatan Channel Youtube @historic Indonesia yaitu (a) media yang disajikan dapat menghasilkan keseragaman pengamatan siswa, (b) secara potensial media disajikan secara tepat dapat menanamkan konsep dasar yang konkrit, benar, dan berpijak pada realitas (c) media dapat membangkitkan keinginan dan minat baru (d) media mampu membangkitkan motivasi dan merangsang siswa untuk belajar (e) media mampu memberikan belajar secara integral dan menyeluruh dari yang sederhana ke rumit. Sedangkan (2) dampak positif dalam pemanfaatan Channel Youtube @historic Indonesia yaitu (a) proses pembelajaran menjadi lebih menarik (b) siswa dapat meningkatkan kemampuan dalam pembelajaran sejarah materi teori masuknya agama Islam ke Indonesia (c) siswa mampu merespon dalam pemanfaatan Channel Youtube @historic Indonesia (d) siswa bisa lebih memahami materi pembelajaran (e) siswa lebih aktif dan berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Dan dampak negatif dalam pemanfaatan Channel Youtube @historic Indonesia yaitu sulitnya konsentrasi siswa saat pembelajaran serta siswa yang kecanduan dengan menggunakan media Youtube tanpa mengenal waktu sehingga mengurangi produktivitas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193060 ANA RICHLATUL AULIYAK
Date Deposited: 11 Nov 2024 02:31
Last Modified: 11 Nov 2024 02:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54751

Actions (login required)

View Item View Item