PENGARUH PEMBIASAAN SHALAT BERJAMA’AH TERHADAP KEDISIPLINAN DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS VII MTS MIFTAAHUL ULUUM SUTOJAYAN BLITAR

MU’AROFATUL KHUSNA, 12201193040 (2023) PENGARUH PEMBIASAAN SHALAT BERJAMA’AH TERHADAP KEDISIPLINAN DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS VII MTS MIFTAAHUL ULUUM SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (391kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Khusna, Mu’arofatul. 2023. Pengaruh Pembiasaan Shalat Berjama’ah Terhadap Kedisiplinan dan Tanggung Jawab Peserta Didik Kelas VII MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata kunci: Pembiasaan Shalat Berjama’ah, Kedisiplinan, Tanggung Jawab Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pembiasaan shalat berjama’ah yang dilaksanakan di madrasah, salah satunya ialah di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar. Di MTs tersebut pembiasaan shalat berjama’ah dilaksanakan pada waktu shalat dhuha dan shalat dhuhur, ketika peneliti amati dengan peserta didik melaksanakan pembiasaan shalat berjama’ah tersebut dapat menumbuhkan sikap disiplin dan tanggung jawab peserta didik misalnya terhadap waktu, dan tugasnya, seperti datang kesekolah tepat waktu agar dapat mengikuti shalat dhuha secara berjam’ah, ketika ditunjuk menjadi imam shalat peserta didik siap dan bertanggung jawab untuk melaksankannya. Karena kedisiplinan dan tanggung jawab tidak bisa dilakukan secara paksa dan instan maka perlu adanya pembiasaan melakukan hal-hal yang baik, salah satunya ialah melalui pembiaasaan shalat berjama’ah ini. Oleh karena itu peneliti ingin membuktikan apakah terdapat pengaruh pembiasaan shalat berjama’ah terhadap kedisiplinan dan tanggung jawab peserta didik kelas VII MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab rumusan masalah: (1) Adakah pengaruh pembiasaan shalat berjama’ah terhadap kedisiplinan peserta didik kelas VII MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar? (2) Adakah pengaruh pembiasaan shalat berjama’ah terhadap tanggung jawab peserta didik kelas VII MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar? (3) Adakah pengaruh pembiasaan shalat berjama’ah terhadap kedisiplinan dan tanggung jawab peserta didik kelas VII MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian korelasi yang merupakan salah satu bagian dari penelitian ex-post facto. Populasi pada penelitian ini sebanyak 90 peserta didik kelas VII MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar, karena jumlah populasi kurang dari 100, maka peneliti mengambil seluruh populasi sehingga penelitian ini adalah penelitian populasi. Yang terdiri dari 32 peserta didik kelas VII A, 25 peserta didik kelas VII B, dan 33 peserta didik kelas VII C. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pembiasaan shalat berjama’ah dan variabel terikatnya kedisiplinan dan tanggung jawab. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan angket atau kuesioner kepada peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji korelasi, dan uji analisis linier berganda dengan menggunakan bantuan SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pembiasaan shalat berjama’ah terhadap kedisiplinan peserta didik kelas VII MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar, dengan nilai korelasi (0,402 > 0), dan nilai sig p-value (0,000 < 0,05). Yang menyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pembiasaan shalat berjama’ah terhadap tanggung jawab peserta didik kelas VII MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar, dengan nilai korelasi (0,269 > 0), dan nilai sig p-value (0,010 < 0,05). Yang menyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pembiasaaan shalat berjama’ah terhadap kedisiplinan dan tanggung jawab peserta didik kelas VII MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar, dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Yang menunjukkan bahwa nilai sig uji simultan (uji F) lebih kecil dari pada probabilitas α 5% dan pada R square menunjukan bahwa variabel pembiasaaan shalat berjama’ah mempengaruhi kedisiplinan dan tanggung jawab sebesar 16,3%. Menyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembiasaaan shalat berjama’ah terhadap kedisiplinan dan tanggung jawab peserta didik kelas VII MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193040 MU'AROFATUL KHUSNA
Date Deposited: 11 Nov 2024 02:58
Last Modified: 11 Nov 2024 02:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54792

Actions (login required)

View Item View Item