MAKNA SIMBOLIK DI DALAM KOREOGRAFI REOG KENDANG SANGGAR DHODHOG SAJIWO JATI: ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES

ELVIZAR FARHAN ALBARZALI, 126302201001 (2024) MAKNA SIMBOLIK DI DALAM KOREOGRAFI REOG KENDANG SANGGAR DHODHOG SAJIWO JATI: ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES. [ Skripsi ]

[img] Text
MAKNA SIMBOLIK DI DALAM KOREOGRAFI REOG KENDANG SANGGAR DHODHOG SAJIWO JATI ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Reog kendang adalah kesenian tari tradisional Tulungagung yang lahir pada tahun 1973. Artikel ini, berusaha berdiskusi bagaimana proses penciptaan koreografi tersebut, dengan pendekatan etnografi pada suatu kelompok/paguyuban Sanggar Dhodhog Sajiwo Jati. Terdapat varian versi prosa rakyat yang melatarbelakangi sejarah terbentuknya tarian ini, mulai dari versi pertama, yaitu kisah Jathasura dan Lembusura yang memperebut Dewi Kilisuci. Terdapat juga versi kedua, kemunculan Raja Bugis yang ingin melamar Dewi Kilisuci. Setelah data terkumpul dan melewati proses reduksi data, selanjutnya menganalisis makna yang bersemayam di dalam dua belas koreografinya, dengan pendekatan analisis semiotika Roland Barthes, pada sistem denotasi dan mengrucut pada sistem konotasi (mitos). Hasilnya adalah, dua belas koreografi: gerak Baris (pembuka), gerak Menthokan, gerak Pattetan, gerak Kejang, gerak Linglingan, gerak Ngungak Sumur, gerak Gejoh Bumi, gerak Midak Kecik, gerak Sundhangan, gerak Andul, gerak Gembyangan, gerak Baris (penutup). Dalam penerapan semiotika Roland Barthes, ambil contoh Gerak Menthokan pada tingakatan denotasi: signifier adalah nama gerakan Menthokan (sign), signified adalah bentuk gerakan yang melibatkan perpaduan gerak jongkok dan goyangan pinggul. Pada tataran konotasi: form tetap terlabel sebagai nama “Gerak Menthokan”, sedangkan concept merupakan wujud penggambaran pasukan prajurit yang memberikan penghormatan kepada Dewi Kilisuci dengan badan merunduk. Dan memiliki makna mitos tentang ajaran Jawa andhap asor. Kata Kunci: Reog Kendang, Semiotika, Roland Barthes, Koreografi, Seni Tari

Item Type: Skripsi
Subjects: Filosofi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Filsafat Agama
Depositing User: 126302201001 ELVIZAR FARHAN AL BARZALI
Date Deposited: 09 Dec 2024 03:48
Last Modified: 09 Dec 2024 03:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55071

Actions (login required)

View Item View Item