INTERFERENSI BAHASA JAWA PADA PENYAMPAIAN VLOG BERITA SISWA KELAS XI MAN 2 BLITAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

SAHARA MUKARROMAH YULIA RIZQI, 126210201009 (2024) INTERFERENSI BAHASA JAWA PADA PENYAMPAIAN VLOG BERITA SISWA KELAS XI MAN 2 BLITAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (298kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB)

Abstract

Sahara Mukarromah Y.R. 2024. Interferensi Bahasa Jawa pada Penyampaian Vlog Berita Siswa Kelas XI MAN 2 Blitar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi, Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen pembimbing skripsi Bagus Wahyu Setyawan, M.Pd Kata kunci : Interferensi, bahasa Jawa, vlog berita Penelitian ini dilatar belakangi adanya pembelajaran bahasa Indonesia materi teks berita kelas XI MAN 2 Blitar. Materi teks berita ini berupa video vlog yang akan disampaikan oleh siswa kelas XI G dan H pada saat pembelajaran berlangsung. Namun, pada saat penyampaian vlog, siswa kelas XI G dan H mengalami interferensi bahasa Jawa. Interferensi bahasa Jawa yang terjadi pada siswa kelas XI G dan H MAN 2 Blitar ini digolongkan menjadi 3 aspek yaitu fonologi, morfologi, dan sintaksis. Hal ini dipengaruhi adanya fenomena bahwa siswa di MAN 2 Blitar mayoritas menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa utama dalam kehidupan sehari-hari. Masalah utama dalam penelitian ini adalah interferensi positif dan negatif bahasa Jawa serta foktor yang memengaruhi interferensi bahasa Jawa. Hal ini, dapat memengaruhi proses terjadinya penyampaian vlog siswa kelas XI G dan H yang menyebabkan interferensi pada saat pemerolehan bahasa Jawa (B1) dan bahasa Indonesia (B2) dalam konteks pembelajaran bahasa, khususnya dalam ranah kosakata tertentu yang memengaruhi pemahaman siswa. Beberapa kata dalam bahasa Jawa memiliki konotasi atau arti yang berbeda bila digunakan dalam bahasa Indonesia, sehingga menimbulkan kendala komunikasi dan pembelajaran. Penelitian ini mengeksplorasi dampak kosakata tertentu yang kerap digunakan siswa dan bagaimana penggunaan kosakata ini memengaruhi kemampuan siswa dalam menyampaikan informasi dalam bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menjelaskan dan mendeskripsikan bentuk interferensi positif yang dilakukan siswa pada penyampaian vlog berita, 2) menjelaskan dan mendeskripsikan bentuk interferensi negatif yang dilakukan siswa pada penyampaian vlog berita, dan 3) mendeskripsikan faktor yang memengaruhi interferensi bahasa Jawa siswa kelas XI G dan H MAN 2 Blitar dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Video vlog ini tidak hanya berfungsi sebagai media pembelajaran, tetapi juga sebagai alat penelitian yang memungkinkan pengamatan langsung terhadap penggunaan bahasa oleh siswa. Subjek penelitian meliputi siswa kelas XI G dan H, yang merupakan kelas unggulan dengan keterampilan bahasa yang baik. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan siswa dan guru bahasa Indonesia, serta dilengkapi dengan dokumentasi video vlog siswa kelas XI G dan H MAN 2 Blitar. Hasil penelitian menunjukkan adanya bentuk interferensi positif dan negatif. Interferensi positif seperti kemiripan struktur fonologi antara bahasa Jawa dan Indonesia dapat dimanfaatkan untuk memperkuat pemahaman siswa, sedangkan interferensi negatif seperti penggunaan kosakata atau struktur kalimat yang tidak baku memerlukan perhatian khusus dalam pengajaran. Interferensi negatif dapat diatasi dengan program pengayaan kosakata dan latihan yang terfokus pada penggunaan bahasa Indonesia yang baku.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Bahasa Jawa
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210201009 SAHARA MUKARROMAH YULIA RIZQI
Date Deposited: 30 Dec 2024 04:03
Last Modified: 30 Dec 2024 04:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55386

Actions (login required)

View Item View Item