KREATIVITAS GURU FIQIH DALAM MENGEMBANGKAN PROSES PEMBELAJARAN SISWA DI MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR

AHMAD RIDWAN FAUZI, 17205163095 (2021) KREATIVITAS GURU FIQIH DALAM MENGEMBANGKAN PROSES PEMBELAJARAN SISWA DI MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (217kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (208kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru Fiqih Dalam Menigkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa di MI Darussalam Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Ahmad Ridwan Fauzi, NIM. 17205163095, Pembimbing Dr. Muhamad Zaini, M.A. Kata kunci : Kreativitas Guru, Kualitas Pembelajaran Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh kreativitas guru yang sangat diperlukan dalam proses pembelajaran, karena dengan kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran akan membuat proses pembelajaran semakin menarik dan menyenangkan. Jika proses pembelajaran menarik dan menyenangkan akan meningkatkan minat belajar siswa sehingga siswa semakin faham mengenai materi yang disampaikan dan berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran di MI Darussalam Wonodadi Blitar. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru fiqih dalam mengembangkan metode pembelajaran di MI Darussalam Wonodadi Blitar ? (2) Bagaimana kreativitas guru fiqih dalam mengembangkan media pembelajaran di MI Darussalam Wonodadi Blitar ? (3) Bagaimana kreativitas guru fiqih dalam mengembangkan pengelolaan kelas di MI Darussalam Wonodadi Blitar ? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk memaparkan kreativitas guru fiqih dalam mengembangkan metode pembelajaran di MI Darussalam Wonodadi Blitar (2) Untuk memaparkan kreativitas guru fiqih dalam mengembangkan media pembelajaran di MI Darussalam Wonodadi Blitar (3) Untuk memaparkan kreativitas guru fiqih dalam mengembangkan pengelolaan kelas pada pembelajaran siswa di MI Darussalam Wonodadi Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan studi kasus. Untuk metode pengumpulan data menggunkan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode wawancara dan observasi digunakan untuk menggali informasi tentang kreativitas guru fiqih dalam meningkatkan kulitas pembelajaran siswa di MI Darussalam Wonodadi Blitar, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang profil sekolah, struktur organisasi, kegiatan pembelajaran dan sarana dan prasarana sekolah. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Kreativitas guru fiqih dalam mengembangkan metode pembelajaran yaitu dengan menerapkan metode yang bervariasi. Menggabungkan dua atau lebih metode pembelajaran dalam satu kali kegiatan belajar mengajar. Variasi metode pembelajaran yang digunakan antara lain metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, metode resitasi, metode demonstrasi, metode hafalan, dan metode literasi. (2) Kreativitas guru fiqih dalam mengembangkan media pembelajaran yaitu dengan menciptakan atau membuat media sendiri disesuaikan dengan materi, kondisi siswa, waktu serta biaya yang dikeluarkan. Media yang digunakan adalah media visual, audio, maupun audiovisual. (3) Kreativitas guru fiqih dalam mengembangkan pengelolaan kelas yaitu dengan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, memberikan motivasi kepada peserta didik agar senantiasa bersemangat dalam mengikuti pelajaran, memberikan penghargaan atas usaha yang dilakukan, gaya belajar guru yang kreatif, humble kepada peserta didik serta menciptakan iklim kelas yang nyaman melalui pola pembelajaranya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163095 AHMAD RIDWAN FAUZI
Date Deposited: 31 Dec 2024 07:11
Last Modified: 31 Dec 2024 07:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55427

Actions (login required)

View Item View Item