PENGEMBANGAN E-FLIP BOOK PADA MATERI DAUR BIOGEOKIMIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 2 TRENGGALEK

RATRI MUKTI, 126208203105 (2024) PENGEMBANGAN E-FLIP BOOK PADA MATERI DAUR BIOGEOKIMIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (556kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “ Pengembangan E-flipbook Pada Materi Daur Biogeokimia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 2 Trenggalek “, ditulis oleh Ratri Mukti, NIM. 126208203105, pembimbing Muhammad Iqbal Filayani, M. Si. Kata Kunci : Media Pembelajaran, E-flipbook, Materi Daur Biogeokimia, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian dan pengembangan e-flipbook materi daur biogeokimia dilatarbelakangi oleh materi daur biogeokimia tergolong materi yang sulit. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan rendahnya hasil belajar peserta didik dengan rata-rata nilai sebesar 56 pada materi tersebut sehingga belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) dengan nilai KKM 60 pada materi tersebut. Selain itu angket kebutuhan yang telah disebar pada 34 peserta didik diketahui sebanyak 82,9% menjawab kesulitan dalam mempelajari materi daur biogeokimia. Sehingga kesulitan tersebut dapat menyebabkan motivasi dan hasil belajar siswa yang rendah. Rendahnya motivasi dan hasil belajar tersebut juga dipengaruhi oleh media pembelajaran yang digunakan disekolah masih terbatas dan masih konvensional. Media pembelajaran yang digunakan disekolah berupa buku paket dan PPT dengan penjelasan dan gambar yang masih terbatas. Sehingga siswa membutuhkan media pembelajaran yang lain yang memuat penejelasan lengkap disertai dengan gambar dan video. Selain itu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa diperlukan media pembelajaran yang interaktif, menarik, praktis, serta mudah diakses dimanapun. Pada akhir angket kebutuhan, peserta didik diberi penawaran media pembelajaran berupa e-flipbook materi daur biogeokimia yang ingin dikembangkan. Hasilnya 100% siswa setuju apabila dikembangkan media pembelajaran berupa e-flipbook materi daur biogeokimia. Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu (1) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran e-flipbook pada materi daur biogeokimia dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar materi daur biogeokimia siswa kelas X di SMAN 2 Trenggalek. (2) Untuk mengetahui kevalidan produk pengembangan E-flipbook pada materi daur biogeokimia untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Kelas X SMAN 2 Trenggalek.. (3) Untuk mengetahui kepraktisan produk pengembangan E-flipbook pada materi daur biogeokimia untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Kelas X SMAN 2 Trenggalek. (4) Untuk mengetahui tingkat keefektifan produk pengembangan E-flipbook pada materi daur biogeokimia untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Kelas X SMAN 2 Trenggalek. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian research and development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Pada tahap implementasi dilakukan pengujian peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan jenis penelitian Quasy Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design, selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis statistic berupa uji t-test ( Independent Sample T-test), tahap selanjutnya dari uji tersebut yaitu uji manova. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, angket, dokumentasi, serta tes. Hasil dari penelitian ini diperoleh (1) E-flipbook materi daur biogeokimia kelas X dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan aplikasi Canva dan Flipbook Maker, lalu link e-flipbook diupload dalam google classroom dan whatsapp group. (2) E-flipbook materi daur biogeokimia kelas X dengan hasil validasi ahli materi memiliki presentase 97,3% dengan kriteria sangat valid dan tidak diperlukan revisi. Validasi yang dilakukan oleh ahli media memiliki presentase sebesar 83,7% dengan kriteria sangat dan diperlukan revisi. (3) Hasil uji kepraktisan oleh guru biologi kelas X memiliki presentase 95,4% dengan kriteria sangat valid dan tidak diperlukan revisi. Hasil uji keterbacaan atau respon siswa memiliki presentase 86% dengan kriteria sangat baik dan praktis untuk digunakan. (4) Terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan penggunaan e-flipbook materi daur biogeokimia pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Perbedaan hasil tersebut dilakukan dengan uji t-test untuk motivasi belajar dan didapatkan harga angka sig. (2-tailed) = 0,001 < 0,05. Sedangkan untuk hasil belajar uji independent sample t-test didapatkan harga angka sig.(2-tailed) = 0,001 < 0,05. Sementara itu untuk hasil uji manova diperoleh hasil 0,000 < 0,05 Sehingga produk pengembangan e-flipbook pada materi daur biogeokimia efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Lingkungan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208203105 RATRI MUKTI
Date Deposited: 28 Jan 2025 06:17
Last Modified: 28 Jan 2025 06:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55492

Actions (login required)

View Item View Item