ALZI TIKTA ARLIANSYA, 126102212126 (2024) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM PERSPEKTIF KEADILAN HAKIKI PEREMPUAN (Studi Kasus di Biro Konsultasi Keluarga Sakinah ‘Aisyiyah Malang). [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (216kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (394kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (637kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (771kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
Abstract
Alzi Tikta Arliansya, 126102212126, Pemberdayaan Perempuan Dalam Perspektif Keadilan Hakiki Perempuan (Studi Kasus Di Biro Konsultasi Keluarga Sakinah ‘Aisyiyah Malang), Program Studi Hukum Keluarga Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing: Dr. Eko Siswanto, M.H.I. Kata Kunci: Permberdayaan Perempuan, Keadilan Hakiki Perempuan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya identifikasi disparitas gender atau akses terhadap sumber daya, hak, dan peluang antara laki-laki dan perempuan tidak didistribusikan secara merata dalam pembangunan manusia. Dimana Indeks Pembangunan Manusia (IPM) untuk perempuan masih berada dibawah rata-rata. Meskipun terdapat peningkatan, tetapi laju tersebut tidak cukup untuk mengatasi ketidaksetaraan akses antara laki-laki dan perempuan, yang menunjukkan adanya hambatan sistemik sehingga memerlukan intervensi komprehensif di berbagai sektor. Berdasarkan latar belakang penelitian, rumusan masalah yang diajukan adalah 1) Bagaimana pemberdayaan perempuan Biro Konsultasi Keluarga Sakinah ‘Aisyiyah Malang?. 2) Bagaimana pemberdayaan perempuan Biro Konsultasi Keluarga Sakinah ‘Aisyiyah Malang dalam perspektif Keadilan Hakiki Perempuan?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis pemberdayaan perempuan Biro Konsultasi Keluarga Sakinah ‘Aisyiyah Malang. 2) Untuk menganalisis pemberdayaan perempuan Biro Konsultasi Keluarga Sakinah ‘Aisyiyah Malang dalam perspektif Keadilan Hakiki Perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dan, dokumentasi terkait program-program yang dilaksanakan oleh Biro Konsultasi Keluarga Sakinah ‘Aisyiyah Malang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak-pihak seperti pengelola Biro Konsultasi Keluarga Sakinah ‘Aisyiyah Malang dan peserta yang mengikuti program pemberdayaan guna mendapatkan data yang komprehensif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Biro Konsultasi Keluarga Sakinah ‘Aisyiyah Malang telah melaksanakan berbagai program pemberdayaan perempuan, seperti pendidikan dan pelatihan, program konsultasi, program ekonomi, dan program sosial-keagamaan. Program-program ini tidak hanya berfungsi meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perempuan, tetapi juga memperkuat posisi mereka di masyarakat. 2) Perspektif Keadilan Hakiki Perempuan mencerminkan perlakuan yang setara dengan mengakui perbedaan pengalaman biologis dan sosial perempuan. Dalam hal ini, program pemberdayaan yang dilaksanakan oleh Biro Konsultasi Keluarga Sakinah 'Aisyiyah Malang berhasil menciptakan keadilan dalam empat aspek utama: akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat. Meskipun program ini telah berjalan dengan baik, namun masih terdapat tantangan dalam penerapannya yang memerlukan evaluasi dan penguatan untuk mencapai kesetaraan yang lebih menyeluruh.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Hukum > Hukum Keluarga Islam |
Divisions: | Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam |
Depositing User: | 126102212126 ALZI TIKTA ARLIANSYA |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 08:53 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 08:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55598 |
Actions (login required)
View Item |