IKE YULITASARI, 2817133068 (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI POKOK BAHASAN SIFAT WAJIB BAGI ALLAH PESERTA DIDIK KELAS III SDN 3 WINONG KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (454kB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Download (930kB) |
||
Text
Bab 5.pdf Download (17kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (72kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Model Pembelajaran Koperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pokok Bahasan Sifat Wajib Bagi Allah Peserta Didik Kelas III SDN 03 Winong Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. Ditulis oleh Ike Yulitasari, NIM. 2817133068, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAIN Tulungagung, pembimbing Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang tidak tuntas karena peserta didik kurang memahami materi, pendidik kurang kreatif dalam mengajar sehingga peserta didik kurang aktif dan tidak tertib dalam pembelajaran. Untuk itu perlu diupayakan agar siswa bisa aktif sehingga pembelajaran menjadi efektif. Dapat meningkatkan hasil belajar PAI yaitu dengan memanfaatkan siswa yang pandai untuk menularkan kemampuannya pada siswa lain yang kemampuannya lebih rendah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI dilakukan implementasi model pembelajaran TAI dengan media pembelajaran dan penambahan alokasi jam pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi metode pembelajaran Team Assisted Individualization untuk meningkatkan hasil belajar PAI pokok bahasan sifat wajib bagi allah peserta didik kelas III SDN 03 Winong Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017? 2) Bagaimana hasil belajar pelajaran PAI pokok bahasan sifat wajib bagi Allah melalui implementasi metode pembelajaran Team Assisted Individualization peserta didik kelas III SDN 03 Winong Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2016/2017?. 3) Bagaimana peningkatan hasil belajar pada pelajaran PAI pokok bahasan sifat wajib bagi Allah melalui implementasi metode pembelajaran Team Assisted Individualization peserta didik kelas III SDN 03 Winong Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan dan menemukan pelaksanaan implementasi model Pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization pada pelajaran PAI pokok bahasan sifat wajib bagi Allah peserta didik kelas III SDN 03 Winong Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2016/1017. 2) Untuk mendeskripsikan dan menemukan hasil belajar PAI pokok bahasan sifat wajib bagi Allah melalui implementasi model Pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization peserta didik kelas III SDN 03 Winong Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. 4) Untuk mendeskripsikan dan menemukan peningkatan hasil belajar PAI pokok bahasan sifat wajib bagi Allah melalui implementasi model Pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization peserta didik kelas III SDN 03 Winong Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 03 Winong Kalidawir Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain observasi, tes, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Tes yang digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar PAI peserta didik kelas III SDN 03 Winong Kalidawir Tulungagung. Sedangkan observasi, wawancara, dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran PAI, respon peserta didik, keadaan peserta didik dan guru. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini dilihat dari indikator proses dan indikator hasil belajar. Dari segi proses yaitu dengan melihat seberapa besar keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran yang dilihat dari taraf keberhasilan tindakan melalui hasil observasi aktivitas peserta didik. Dari segi hasil belajar yakni apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 70. Penerapan model pembelajaran koopeatif tipe Team Assisted Individualization pada mata pelajaran PAI pokok bahasan sifat wajib bagi Allah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, adapun data yang diperoleh sebagai berikut: taraf keberhasilan hasil tes awal peserta didik yang mencapai nila <70 sebanyak 11 peserta didik (91%) dan ≥70 sebanyak 1 peserta didik (8%) dengan nilai rata-rata kelas adalah 39,67. Pada tes akhir (post test) siklus I nilai rata-rata kelas 64,83, peserta didik yang mendapat nilai ≥70 sebanyak 6 peserta didik (50%) dan peserta didik yang mendapat nilai <70 sebanyak 6 peserta didik (50%). Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas 92,73, peserta didik yang mendapat nilai ≥70 sebanyak 10 peserta didik (91%) dan peserta didik yang mendapat nilai <70 sebanyak 1 peserta didik (8%).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S.Pd 2817133068 IKE YULITASARI |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 01:00 |
Last Modified: | 31 Jul 2017 01:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5578 |
Actions (login required)
View Item |