'AISYATURRODHIYAH, 12207193053 (2024) MODEL KEPEMIMPINAN KONTEMPORER SERVANT LEADERSHIP KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN SEKOLAH EFEKTIF DI MTsN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Model Kepemimpinan Kontemporer Servant Leadership Kepala Sekolah Perempuan Dalam Meningkatkan Sekolah Efektif di MTsN 1 Kota Blitar” ini ditulis oleh ‘Aisyaturrodhiyah, NIM. 12207193053, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Drs. H. Masduki, M. Ag. Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah Perempuan, Servant Leadership, Sekolah Efektif MTsN 1 Kota Blitar merupakan sekolah yang mempunyai perkembangan sangat pesat di bidang pengelolaan lembaga pendidikan. Perkembangan ini merupakan hasil dari model kepemimpinan yang efektif, inovatif, dan program kerja yang matang dari kepala sekolah MTsN 1 Kota Blitar. Kehadiran penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model kepemimpinan kontemporer servant leadership kepala sekolah perempuan di MTsN 1 Kota Blitar dalam upaya meningkatkan sekolah efektif. Penelitian ini berfokus pada dua pertanyaan utama: 1) Bagaimana model servant leadership kepala sekolah perempuan berperan dalam meningkatkan sekolah efektif di MTsN 1 Kota Blitar, dan 2) Apa saja hambatan serta upaya yang dilakukan dalam penerapan model kepemimpinan servant leadership?. Dalam mengkaji fokus penelitian, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah memperoleh data kemudian dianalisis menggunakan konsep Miles dan Hubermen yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model kepemimpinan kontemporer servant leadership yang diterapkan oleh kepala sekolah perempuan dalam konteks meningkatkan sekolah efektiv di MTsN 1 Kota Blitar dilakukan dengan cara: pemberian empati kepala sekolah, kolaborasi dan partisipasi aktif kepala sekolah, keteladanan dalam kepemimpinan kepala sekolah, pengembangan potensi individu, pencapaian akademik pendidik dan peserta didik, serta evaluasi dan perbaikan berkelanjutan. 2) Kepala sekolah perempuan di MTsN 1 Kota Blitar tidak menghadapi hambatan struktural dalam menerapkan Servant Leadership hanya keterbatasan waktu yang menjadi tantangan utama. Upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah MTsN 1 Kota Blitar dalam menghadapi tantangan keterbatasan waktu melalui rapat internal, koordinasi rutin, dan laporan kinerja bulanan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207193053 'AISYATURRODHIYAH |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 03:47 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 03:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55842 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |