MODEL KEPEMIMPINAN KONTEMPORER SERVANT LEADERSHIP KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN SEKOLAH EFEKTIF DI MTsN 1 KOTA BLITAR

'AISYATURRODHIYAH, 12207193053 (2024) MODEL KEPEMIMPINAN KONTEMPORER SERVANT LEADERSHIP KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN SEKOLAH EFEKTIF DI MTsN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Model Kepemimpinan Kontemporer Servant Leadership Kepala Sekolah Perempuan Dalam Meningkatkan Sekolah Efektif di MTsN 1 Kota Blitar” ini ditulis oleh ‘Aisyaturrodhiyah, NIM. 12207193053, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Drs. H. Masduki, M. Ag. Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah Perempuan, Servant Leadership, Sekolah Efektif MTsN 1 Kota Blitar merupakan sekolah yang mempunyai perkembangan sangat pesat di bidang pengelolaan lembaga pendidikan. Perkembangan ini merupakan hasil dari model kepemimpinan yang efektif, inovatif, dan program kerja yang matang dari kepala sekolah MTsN 1 Kota Blitar. Kehadiran penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model kepemimpinan kontemporer servant leadership kepala sekolah perempuan di MTsN 1 Kota Blitar dalam upaya meningkatkan sekolah efektif. Penelitian ini berfokus pada dua pertanyaan utama: 1) Bagaimana model servant leadership kepala sekolah perempuan berperan dalam meningkatkan sekolah efektif di MTsN 1 Kota Blitar, dan 2) Apa saja hambatan serta upaya yang dilakukan dalam penerapan model kepemimpinan servant leadership?. Dalam mengkaji fokus penelitian, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah memperoleh data kemudian dianalisis menggunakan konsep Miles dan Hubermen yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model kepemimpinan kontemporer servant leadership yang diterapkan oleh kepala sekolah perempuan dalam konteks meningkatkan sekolah efektiv di MTsN 1 Kota Blitar dilakukan dengan cara: pemberian empati kepala sekolah, kolaborasi dan partisipasi aktif kepala sekolah, keteladanan dalam kepemimpinan kepala sekolah, pengembangan potensi individu, pencapaian akademik pendidik dan peserta didik, serta evaluasi dan perbaikan berkelanjutan. 2) Kepala sekolah perempuan di MTsN 1 Kota Blitar tidak menghadapi hambatan struktural dalam menerapkan Servant Leadership hanya keterbatasan waktu yang menjadi tantangan utama. Upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah MTsN 1 Kota Blitar dalam menghadapi tantangan keterbatasan waktu melalui rapat internal, koordinasi rutin, dan laporan kinerja bulanan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193053 'AISYATURRODHIYAH
Date Deposited: 07 Feb 2025 03:47
Last Modified: 07 Feb 2025 03:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55842

Actions (login required)

View Item View Item