DWI OVIANING PUTRI, 12209183032 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI PADA MATERI GLOBALISASI KELAS IX SMPN 1 NGANTRU. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Pada Materi Globalisasi Kelas IX SMPN 1 NGANTRU” ini ditulis oleh Dwi Ovianing Putri, NIM. 12209183032, pembimbing Hendra Pratama, M. Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Bahan Ajar, dan Pengembangan. Media Pembelajaran merupakan suatu alat atau perantara yang biasanya digunakan untuk memudahkan proses komunikasi antara guru dengan siswa dalam suatu pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang monoton tersebut cenderung mengakibatkan siswa merasa bosan. Permasalahan bertambah ketika pembelajaran dilakukan secara online yaitu minat belajar siswa berkurang dan menurunnya hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan permasalaha yang muncul peneliti berusaha melakukan inovasi baru yaitu mengembangkan bahan ajar media animasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran animasi materi Globalisasi kelas IX SMPN 1 Ngantru, sebagai salah sau media untuk berkontribusi dalam membantu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar IPS dan membantu guru dalam menjelaskan materi dengan lebih efektif, sehingga siswa menjadi lebih aktif didalam proses pembelajaran di SMPN 1 Ngantru. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode Research and Development (R & D) dan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu, tahap analysis, desaign, development, implementation dan evaluation. Pada model ADDIE ini proses evaluasi dilakukan disetiap tahapan yang dilalui agar diketahui kelayakan pada setiap proses sehingga dapat dilanjutkan pada proses berikutnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran animasi termasuk dalam kriteria valid dengan presentase 88% dan hasil validasi ahli materi menunjukkan kategori valid rata-rata presentase 87,5%. Hasil uji kepraktisan memenuhi kriteria kepraktisan, yaitu hasil angket respon peserta didik bahwa produk praktis untuk digunakan. Validator mengatakan bahwa media dapat digunakan tanpa revisi, nilai ketuntasan hasil beljar peserta didik nilai ketuntasan hasil belajar perserta didik lebih dari 100% yaitu 85% serta analisis pengamatan aktivitas peserta didik dengan persentase 16,6% menunjukkan media praktis digunakan. Hasil uji keefektifan media dengaan uji hipotesis menggunakkan One Sample Test data hasil tes memperoleh nilai sig.(2-tailed) = 0,000. Karena nilai sig.(2-tailed) kurang dari tarif signifikansi = 0.,05 yaitu 0,000< 0,05 artinya terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media ajar video animasi. Hasil ini terbukti dari nilai-nilai rata-rata pretest < postest yaitu 43.146 < 66.197. Dengan demikian media pembelajaran dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209183032 DWI OVIANING PUTRI |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 01:28 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 01:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56005 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |