Khonifah, Faridotul (2014) Pembiasaan Beribadah dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung. [ Skripsi ]
|
Text
12. ABSTRAK.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (826kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (160kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : pembiasaan beribadah, karakter peserta didik Sejak lahir seorang anak sudah dianugerahi fitrah (potensi) untuk mengenal Allah swt dan melakukan ajaran-Nya. Fitrah agama ini merupakan kemampuan dasar yang mengandung kemungkinan atau berpeluang untuk berkembang. Pengembangan diri manusia dapat dilakukan melalui pendidikan. Salah satu pendidikan yang sangat diperlukan oleh peserta didik adalah pendidikan agama. Pendidikan Agama Islam merupakan pendidikan yang menonjolkan aspek nilai baik nilai ketuhanan maupun nilai kemanusiaan.Nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan yang berlangsung sejak dini mampu membentuk kepribadian dan karakter anak sehingga mempunyai pengaruh yang kuat sepanjang hidupnya. Karakter tidak bisa dibentuk dan dibangun dalam waktu yang singkat. Membangun karakter anak membutuhkan waktu yang lama dan harus dilakukan secara berkesinambungan. Upaya yang bisa dilakukan untuk membentuk karakter anak diantaranya adalah dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan beribadah. Sehubungan dengan pembentukan karakter peserta didik, penulis memilih SD Islam Al-Azhaar sebagai lokasi penelitian. Hal ini dikarenakan di lembaga tersebut pembentukan karakter peserta didik sudah dilakukan sejak dini. Upaya yang digunakan sekolah dalam pembentukan karakter peserta didik dengan cara menerapkan pembiasaan beribadah. Berdasar pada informasi dan persoalan di atas, maka penulis mengangkat judul. Pembiasaan beribadah dalam membentuk karakter peserta didik di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung. Adapun fokus masalah dalam penelitian ini mengenai 1) bagaimana strategi pembiasaan beribadah dalam membentuk karakter peserta didik 2) bagaimana kendala yang dihadapi sekolah dalam pelaksanaan pembiasaan beribadah 3) bagaimana penyelesaian kendala pelaksanaan pembiasaan beribadah dalam membentuk karakter. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian dengan pendekatan kualitatif. Dengan metode pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan sumber datanya diperoleh dari person (orang), place (tempat), dan paper (kertas/dokumen). Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan bahwa dalam pelaksaan pembiasaan beribadah di SD Islam Al-Azhaar sudah diterapkan sejak lembaga berdiri dan diterapkan kepada peserta ddik sejak dini dengan menggunakan strategi memberikan keteladanan, pemberian teguran, memotivasi, dilakukan secara menyenangkan, dan pemberian sanksi. Sedangkan kendala dalam pelaksanaan pembiasaan beribadah berasal dari peserta didik dan sarana xviii dan prasarana, untuk mengatasi kendala yang berasal dari peserta didik dilakukan dengan cara pengawasan, teguran, dan pemberian sanksi. Sedangkan untuk mengatasi kendala yang berasal dari sarana dan prasaran dengan cara melakukan pembiasaan beribadah dilakukan di kelas dan di balai (mbale).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 17 Dec 2014 03:59 |
Last Modified: | 17 Dec 2014 03:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/561 |
Actions (login required)
View Item |